Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

MENINGKATKAN MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI MELALUI TARIAN DI TAMAN KANAK-KANAK ANNISA DESA MUARO JAMBI KECAMATAN MARO SEBO KABUPATEN MUARO JAMBI

Khusna, Asmaul (2024) MENINGKATKAN MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI MELALUI TARIAN DI TAMAN KANAK-KANAK ANNISA DESA MUARO JAMBI KECAMATAN MARO SEBO KABUPATEN MUARO JAMBI. Other thesis, UIN STS Jambi.

Full text not available from this repository.

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Metode Tarian untuk meningkatkan
Motorik Kasar anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak Annisa Desa Muaro
Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan
menggunakan desain model kemmis dan Mc Taggart yaitu berbentuk spiral
dari silkus satu kesiklus dua dalam perencanaannya kemmis menggunakan
sistem spiral refleksi dari setiap siklus meliputi 3 komponen yanitu :
perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Sedangkan pengumpulan
data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, catatan lapangan dan
dokumentasi, peneliti menemukan bahwa metode tarian dapat meningkatkan
motorik kasar anak usia dini di Taman Kanak-kanak Annisa Desa Muaro
Jambi. Hasil penelitian ini menyarankan agar guru menggunakan metode
Tarian dalam kegiatan pembelajaran disekolah sesuai dengan materi yang
dipelajari. Berdasarkan 2 siklus yang dilakukan peneliti pada peserta didik
mengalami peningkatan baik. Pada tingkat keberhasilan dari siklus 1 jumlah
anak yang belum berhasil 7 anak atau 46 %, jumlah anak yang berhasil adalah
8 anak atau 53 %. Pada siklus 2 jumlah anak yang belum berhasil adalah 1
anak atau 6 % , sedangkan jumlah anak yang berhasil 14 anak atau 93%. Hal
ini disebabkan beberapa factor diantara lain yaitu anak diberikan kebebasan
untuk menari dengan gerakan yang mereka sukai sesuai pengalaman anak
masing-masing.

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Depositing User: Perpustakaan UIN STS Jambi
Date Deposited: 04 Jun 2025 08:06
Last Modified: 04 Jun 2025 08:06
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/997

Actions (login required)

View Item
View Item