Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Anak Usia Dini dalam Pengelolaan Pembelajaran di Taman Kanak-Kanak Alam Muara Bungo Kecamatan Rimbo Tengah Kabupaten Bungo

Anita Kurniasari, Anita Kurniasari (2023) Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Anak Usia Dini dalam Pengelolaan Pembelajaran di Taman Kanak-Kanak Alam Muara Bungo Kecamatan Rimbo Tengah Kabupaten Bungo. Other thesis, UIN STS JAMBI.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru dalam pengelolaan pembelajaran di Taman Kanak-kanak Alam Muara Bungo. Kegunaan penelitian ini untuk memperkaya paradigma keilmuan di bidang Manajemen Pendidikan Islam khususnya kajian kemampuan guru dalam pengelolaan pembelajaran di pendidikan anak usia dini.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukan di Taman Kanak-kanak Alam Muara Bungo. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara obseravsi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru Taman Kanak-kanak Alam Muara Bungo yang berjumlah lima orang guru kelas, satu orang koordinator sekolah alam student scout (SASS) dan kepala Taman Kanak-kanak Alam Muara Bungo. Temuan hasil penelitian dianalisis dengan mengkombinasikan teknik model Miles and Huberman dan Creswell. Hasil penelitian dikatakan sahih jika data tersebut memenuhi syarat keterpercayaan (credibility), keteralihan (transferability), kebergantungan (dependability), dan kepastian (confirmability).
Berdasarkan analisis data penelitian diperoleh hasil yaitu 1) keterampilan mengajar guru Taman Kanak-kanak Alam Muara Bungo belum optimal seperti pembelajaran yang dilaksanakan belum sepenuhnya berpusat pada peserta didik, pengembangan enam aspek perkembangan belum tercapai secara optimal, media pembelajaran belum memenuhi syarat ideal, metode pembelajaran yang digunakan belum merujuk pada Taman Kanak-kanak berbasis alam secara keseluruhan dan strategi pembelajaran belum terlaksana secara optimal. 2) Observasi proses belajar mengajar yang dilakukan oleh guru Taman Kanak-kanak Alam Muara Bungo belum dapat dikategorisasikan baik karena guru belum melaksanakan penilaian sesuai dengan pendekatan autentik. Penilaian juga belum sesuai dengan prinsip dan teknik penilaian. 3) Pengetahuan teoritis guru Taman Kanak-kanak Alam Muara Bungo tentang pengajaran dan pembelajaran anak usia dini belum optimal karena empat dari enam guru belum memenuhi syarat kualifikasi pendidikan guru pendidikan anak usia dini. 4) Perencanaan pembelajaran yang dilakukan guru Taman Kanak-kanak Alam Muara Bungo belum dilaksanakan secara baik karena guru belum menyediakan RPPH di kelas. Guru belum pernah melakukan PTK. 5) Kendala kompetensi pedagogik guru Taman Kanak-kanak Alam Muara Bungo dalam pengelolaan pembelajaran yaitu kualifikasi pendidikan guru belum linier, pengalaman mengajar guru belum optimal, guru belum pernah melakukan penelitian tindakan kelas. 6) Upaya peningkatan kompetensi pedagogik guru dalam pengelolaan pembelajaran yaitu 1) pembinaan, 2) pendidikan dan pelatihan dan 3) rekrutmen guru.
Kata kunci: kompetensi, pedagogik, pengelolaan, pembelajaran AUD.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Perpustakaan UIN STS Jambi
Date Deposited: 04 Jun 2025 07:43
Last Modified: 04 Jun 2025 07:43
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/987

Actions (login required)

View Item
View Item