Wiranata, Satya (2022) PENERAPAN METODE BELAJAR BRAINSTORMING (CURAH GAGASAN) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPENDAPAT SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS KELAS IX DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 KOTA SUNGAI PENUH PROVINSI JAMBI. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
Skripsi ini membahas tentang bagaimana meningkatkan kemampuan berpendapat siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di Kelas IX Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Sungai Penuh Provinsi Jambi dengan menggunakan metode Brainstorming. Proses pembelajaran Al-Qur’an Hadits sebenarnya sudah berjalan optimal, tetapi ada beberapa masalah yang terjadi, diantaranya siswa kurang aktif untuk bertanya dan menjawab pertanyaan dari guru dan juga kurangnya semangat siswa dalam mengikuti pembelajaran Al-Qur’an Hadits. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpendapat siswa dengan menggunakan Metode Brainstorming. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dimana pada penelitian ini terdiri dari 3 siklus. Setiap siklus mempunyai 4 tahapan, diantaranya perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Sungai Penuh dan yang menjadi subjeknya adalah kelas IX A dengan jumlah siswa sebanyak 40 orang yang terdiri dari 19 orang laki-laki dan 21 orang perempuan. Pada penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode Brainstorming dapat meningkatkan kemampuan berpendapat siswa disetiap siklusnya. Berdasarkan lembar observasi kemampuan berpendapat siswa, pada siklus I mencapai angka 82,81%, sementara di siklus II mengalami peningkatan yang mencapai angka 90,63%, dan pada penelitian Siklus III kembali meningkat yang mencapai angka 100%. Sementara itu, untuk analisis hasil tes kemampuan mengemukakan pendapat siswa, pada siklus I mencapai angka 69,5%, sedangkan di siklus II mengalami peningkatan yang mencapai angka 84,5%, dan Siklus III kembali mengalami peningkatan yang cukup baik, yaitu mencapai angka 100%. Dari hasil itulah, dapat disimpulkan bahwa metode Brainstorming dapat diterapkan pada pembelajaran Al-Qur’an Hadits untuk meningkatkan kemampuan berpendapat dan mengasah kemampuan berfikir siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nadia Rezky |
Date Deposited: | 04 Jun 2025 06:26 |
Last Modified: | 04 Jun 2025 06:26 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/956 |