MEGA SARI, RAHAYU (2023) POLA PENGAJARAN AGAMA ISLAM DALAM KELUARGA SUKU LAUT MELAYU DI PULAU LIPAN DESA PENUBA KECAMATAN SELAYAR KABUPATEN LINGGA. Other thesis, UIN STS JAMBI.
Full text not available from this repository.Abstract
Pola pengajaran Islam yang dilakukan oleh ustad pada masyarakat sukulaut pulau Lipan belum maksimal terlihat dengan adanya masyarakat sukulaut yang masih tidak lancar dalam membaca al-quran dengan terbata-bata, sulit untuk memahami materi yang disampaikan. Tujuan penelitianyakni 1) Mendeskripsikan pola pengajaran agama Islam dalam keluargasukulautmelayudiPulauLipanDesaPenubaKecamatanSelayarKabupaten Lingga; 2) Menguraikan faktor pendukung dan penghambatpada pola pengajaran agama Islam dalam keluarga suku laut melayu diPulauLipanDesaPenubaKecamatanSelayarKabupatenLingga;3)MenganalisisperanpemerintahDesaPenubadalammendukungpolapengajaran agama Islam dalam keluarga suku laut melayu di Pulau LipanDesaPenubaKecamatanSelayarKabupatenLingga.MenurutGlaser(1962) menyatakan bahwa pola pengajaran memiliki 4 komponen pokokyaitu1)IO(IntructionalObjektives)atauTujuanPengajaran;2)EB(Entring/EntryBehavior)atauPengenalanKemampuanAwalPesertaDidik; 3) IP (Intructional Procedures) atau Proses Mengajar/Pengajaran itusendiri; 4) PA (Perfomance Assessment) atau Penilaian terhadap capaiantujuanpengajaran.Metodepenelitianyangdigunakanadalahkualitatifdenganpendekatandeskriptif.Teknikpemilihansampelmenggunakanpurposive sampling yakni masyarakat suku laut orang dewasa, orang tuadan anak atau remaja. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakanyakni1)observasi;2)wawancara;3)dokumentasi.Hasiltemuandaripenelitian iniadalah pola pengajaran agama Islam di pulau Lipan terdiridari a) Pola Pengajaran Langsung dilaksanakan untuk dewasa atau orangtua;b) Tidak Langsung dilaksanakan untuk remaja dan anak-anak. Faktorpendukung dalam pola pengajaran agama Islam terdiri dari a) AntusiasMasyarakat; b) Fasilitas dan Rumah Ibadah; c) Pendidikan Masyarakat; a)Pemberian Reward. Faktor penghambat pola pengajaran agama Islamterdiridaria)ButaAksara;b)SulitDiajakKegiatanKeagamaan;b)Infrastruktur Yang Masih Kurang; d) Sumber Daya Manusia Masih Kurang.PeranpemerintahDesaPenubaterdiridaria)SupportKegiatan;b)PenyalurBantuan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Perpustakaan UIN STS Jambi |
Date Deposited: | 04 Jun 2025 04:44 |
Last Modified: | 04 Jun 2025 04:44 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/947 |