Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

P O L A AS U H O R A N G T U A D AL A M P E R K E M B AN G AN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI 5-6 TAHUN PADA MASA PANDEMI COVID 19 DI DESA MARGA MULYA KECAMATAN SUNGAI BAHAR KABUPATEN MUARO JAMBI (STUDI KASUS MEDIA GADGET)

SANGIDATUL UMAH, NURIKA (2023) P O L A AS U H O R A N G T U A D AL A M P E R K E M B AN G AN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI 5-6 TAHUN PADA MASA PANDEMI COVID 19 DI DESA MARGA MULYA KECAMATAN SUNGAI BAHAR KABUPATEN MUARO JAMBI (STUDI KASUS MEDIA GADGET). Other thesis, UIN STS JAMBI.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan sosial emosional anak berusia dini sangat dipengaruhi oleh pola asuh keluarganya karena usia 5 sampai 6 tahun kini sudah mengenal adanya Gadget seiring perkembangan zaman. Penggunaan gadget pada usia ini tentu mempengaruhi perilaku anak, salah satunya dalam perkembangan social emosional anak.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola asuh, kendala dan dampak pola asuh orang tua di Desa Marga Mulya Kecamatan Sungai Bahar Kabupaten Muaro Jambi (studi kasus media gadget)
Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tehnik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data ini dilakukan dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Pola Asuh Orang Tua di Desa Marga Mulya mayoritas menggunakan pola asuh demokratis, ada juga sebagian yang menggunakan pola asuh otoriter dan permisif. Kendalanya yaitu pendidikan orang tua, kondisi ekonomi dan manajemen waktu orang tua dirumah. Terakhir dampak tergantung pola asuh yang telah diterapkan orang tua kepada anak. Apabila pola asuh otoriter, dampak nya pada anak terlihat ketelambatan bicara ketika anak bermain dengan temannya, ada juga yang kurang berkonsentrasi dan banyak diam bila sedang bermain dengan temannya. Pada pola asuh permisif, terlihat anak mudah marah dan emosi yang kurang stabil ketika dirumah bahkan adayang sulit tidur bila belum bermain atau memegang gadget. Pada pola asuh demokratis, anak terlihat mulai bisa bermain dengan wajar tanpa ada kekerasan, dan anak terbiasa sopan santun ketika berbicara maupun ketika ingin bermain gadget dengan izin terlebih dahulu kepada orang tua.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Perpustakaan UIN STS Jambi
Date Deposited: 04 Jun 2025 04:19
Last Modified: 04 Jun 2025 04:19
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/940

Actions (login required)

View Item
View Item