Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Efektivitas Cooperative Learning Type Numbered Heads Together Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Nurul Yaqin Desa Simpang Sungai Duren

Dani, Muhammad (2025) Efektivitas Cooperative Learning Type Numbered Heads Together Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Nurul Yaqin Desa Simpang Sungai Duren. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Full text not available from this repository.

Abstract

"Nama: Muhammad Dani
Jurusan: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Judul: Efektivitas Cooperative Learning Type Numbered Heads Together
Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Madrasah Ibtidaiyah
Swasta Nurul Yaqin Desa Simpang Sungai Duren

Rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas IV menjadi tantangan terbesar di
Madrasah Ibtidaiyah Swasta Nurul Yaqin, Desa Simpang Sungai Duren. Penelitian
ini bertujuan menguji keefektifan model Cooperative Learning Type Numbered
Heads Together dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini memakai
pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen, mengaitkan 2 kelas diantaranya kelas eksperimen dan kontrol. Hasil uji Wilcoxon Matched Pairs Test pada pretest serta posttest kelas eksperimen menampilkan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) kurang dari 0,001, di bawah taraf signifikansi 0,05. Ini menunjukkan penjelasan yang jelas mengapa penerapan model Cooperative Learning Type Numbered Heads Together pada kelas eksperimen berdampak signifikan terhadap hasil belajar siswa. Sebaliknya, hasil uji Wilcoxon Matched Pairs Test pada pretest serta posttest kelas kontrol menampilkan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,003, di bawah taraf signifikansi 0,05. Ini menunjukkan penjelasan yang jelas mengenai penggunaan model konvensional dengan ceramah pada kelas kontrol mempunyai pengaruh, tetapi pengaruhnya kurang signifikan terhadap hasil belajar. Selain itu, hasil uji kelas eksperimen dan kontrol menggunakan Mann-Whitney U-Test menampilkan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,002, di bawah taraf signifikansi 0,05, menjelaskan terdapatnya perbedaan signifikan antara kedua kelompok. Oleh sebab itu, model Cooperative Learning Type Numbered Heads Together terbukti dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
"

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mahdianto UIN Jambi
Date Deposited: 04 Jun 2025 03:32
Last Modified: 04 Jun 2025 03:32
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/928

Actions (login required)

View Item
View Item