RAHMADAYANI, PUTRI (2023) PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM PENINGKATAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 4 KOTA JAMBI. Other thesis, UIN STS JAMBI.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini mengkaji tentang bagaimana proses penanaman nilai-nilai pendidikan Islam di SMP Negeri 4 Kota Jambi, dengan tujuan penelitian ini mendeskripsikan dan menganalisa gambaran umum karakter relgius siswa dan proses penanaman nilai-nilai pendidikan Islam di SMP Negeri 4 Kota Jambi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field recearch).
Subjek dari penelitian ini adalah guru PAI dan siswa di SMP Negeri 4 Kota Jambi, sedangkan objek penelitiannya adalah penanaman nilai-nilai pendidikan Islam dalam peningkatan karakter religius siswa di SMP Negeri 4 Kota Jambi. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru PAI telah melakukan proses penanaman nilai-nilai pendidikan Islam dengan metode (1) pengajaran yang inovatif dengan membuat modul belajar sendiri serta buku saku PAI untuk siswa, (2) peneladanan untuk mengucapkan salam, berjabat tangan, bertoleransi serta membimbing siswa dalam setiap kegiatan, (3) pembiasaan dengan membuat program sholat dzhuhur berjama’ah, yasinan bulanan, tahfidz juz ‘amma, serta membiasakan siswa untuk saling toleransi antar agama (4) motivasi dan penegakkan aturan seperti memberi nasihat dan teguran atas perbuatan yang dilakukan siswa. Adapun faktor yang mempengaruhi proses tersebut diantaranya, ikut-ikutan trend yang sedang booming, pengaruh teknologi dan informasi serta besarnya rasa malas atau acuh tak acuh.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Perpustakaan UIN STS Jambi |
Date Deposited: | 04 Jun 2025 02:39 |
Last Modified: | 04 Jun 2025 02:39 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/904 |