Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

PENGARUH SELF BELIEF TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X IPA SMA NEGERI 3 BATANGHARI

Nesha Nelanda, Sonia Parten (2024) PENGARUH SELF BELIEF TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X IPA SMA NEGERI 3 BATANGHARI. Other thesis, UIN STS Jambi.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara
self belief dengan hasil belajar biologi siswa kelas X IPA di SMA Negeri 3
Batanghari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif survei, jenis
penelitian yang digunakan yaitu penelitian asosiatif kausal, dengan metode
penelitian Expost Facto. Populasi Dalam penelitian ini adalah kelas X IPA SMA
Negeri 3 Batanghari. Teknik pengambilan sampel yaitu Cluster random sampling.
Analisis data dalam penelitian ini dilakukan menggunakan teknik analisis data
kuantitatif yakni uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Hasil uji normalitas
menggunakan kolmogorov smirnov terdapat signifikan 0,012 > 0,005 bahwa data
berdistribusi normal. Uji heterokedastisitas menggunakan grafik P-plot
menunjukkan bahwa titik-titik menyebar di atas dan di bawah angka 0 pada
sumbu Y secara acak bahwa tidak terjadi heteroskedastisitas. Uji homogenitas
memiliki nilai signifikasi 0,414 > 0,05 yang bersifat homogen. Uji regresi
sederhana memiliki nilai signifikan 0,000 < 0,05 variabel X berpengaruh terhadap
variabel Y. Uji F memiliki nilai-nilai signifikasi F hitung 0,001 lebih kecil dari F
tabel 0,001 < 0,05 Ho ditolak dan Ha diterima terdapat pengaruh signifikan antara
self belief dengan hasil belajar biologi siswa. Uji koefisien determinasi (R2)
diperoleh sebesar 0,102 atau 10,2%. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan
bahwa self belief berpengaruh terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X IPA
SMA Negeri 3 Batanghari.

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Perpustakaan UIN STS Jambi
Date Deposited: 04 Jun 2025 02:04
Last Modified: 04 Jun 2025 02:04
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/892

Actions (login required)

View Item
View Item