WAHYUDI, WAHYUDI (2024) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR CAMAT SERAI SERUMPUN KABUPATEN TEBO PROVINSI JAMBI. Other thesis, UIN STS JAMBI.
Full text not available from this repository.Abstract
Skripsi ini membahas Analisis Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Camat Serai
Serumpun Kabupaten Tebo Provinsi Jambi. Skripsi ini bertujuan untuk
menganalisis kualitas pelayanan publik di Kecamatan Serai Serumpun Kabupaten
Tebo Provinsi Jambi, untuk menganalisis faktor pendukung dan penghambat
pelayanan publik di Kecamatan Serai Serumpun Kabupaten Tebo Provinsi Jambi
dan untuk menganalisis upaya meningkatkan kualitas pelayanan di Kantor Camat
Serai Serumpun Kabupaten Tebo Provinsi Jambi. Skripsi ini menggunakan metode
penelitian kualitatif deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan
dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang
dilakukan di peroleh hasil dan kesimpulan sebagai berikut: Pertama, kualitas
pelayanan publik di kantor Camat Serai Serumpun berdasarkan aspek standar
pelayanan publik dari prosedur pelayanan, waktu penyelesaian, biaya pelayanan,
sudah cukup baik dan jelas, hanya saja aspek produk layanan dimana terdapat
masyarakat yang menerima produk pelayanan belum sesuai yang diharapkan,
sarana dan prasarana masih di nilai kurang memadai dan aspek kompetensi petugas
dari kinerja pegawai dinilai lamban atau tidak sigap dan terdapat pegawai yang
kurang ramah terhadap masyarakat. Kedua, faktor pendukung di kantor Camat
Serai Serumpun yaitu semangat yang diberikan pegawai satu sama lain, faktor
pendukung kedua peneliti menemukan adanya kejelasan prosedur pelayanan di
kantor Camat Serai Serumpun. Sedangkan faktor penghambat proses pelayanan
yaitu terdapat sarana dan prasarana yang kurang seperti AC dan faktor penghambat
lainnya yaitu jaringan yang tidak stabil, dan jika listrik mati jaringan pun ikut mati
di Kecamatan Serai Serumpun. Ketiga, upaya meningkatkan kualitas pelayanan
publik di kantor Camat Serai Serumpun dilakukan dengan tiga cara yaitu:
meningkatkan kedisiplinan aparat, mempercepat proses pelayanan dan melakukan
evaluasi.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Syariah > Ilmu Pemerintahan |
Depositing User: | Perpustakaan UIN STS Jambi |
Date Deposited: | 03 Jun 2025 06:57 |
Last Modified: | 03 Jun 2025 06:57 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/887 |