Ismawati, Ismawati (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASSED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA KELAS VIII MTS AN-NIZHAM KOTA JAMBI. Other thesis, UIN STS JAMBI.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini membahas mengenai, Penerapan Model Pembelajaran
Problem Bassed Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kreativitas siswa kelas
VIII MTs An-Nizham Kota Jambi untuk mengetahui sejauh mana peran dari
penggunaan model pembelajaran Problem Bassed Learning (PBL), untuk
meningkatkan kreativitas siswa pada pembelajaran IPA Terpadu materi sistem
pernapasan pada manusia dan sistem ekskresi manusia, dan untuk mengetauhi
apakah dengan menerapkan model pendekatan Problem Bassed Learning (PBL)
ini dapat meningkatkan kreativitas siswa pada pembelajaran IPA Terpadu.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan
dalam dua siklus, sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII B Mts An-Nizham
Kota Jambi dengan jumlah siswa 15 orang. Hasil observasi aktivitas belajar pada
siklus I diperoleh rata-rata presentase sebesar 60%, sedangkan pada siklus II rata-
rata presentase sebesar 77%. Hasil observasi mengajar guru pada siklus I
diperoleh presentase sebesar 72% sedangkan pada siklus II diperoleh rata-rata
presentase sebesar 89%. Hal ini dapat dilihat adanya peningkatan aktivitas belajar
siswa dalam proses pembelajaran IPA Terpadu materi sistem pernapasan manusia
dan sistem ekskresi manusia dengan menggunakan model Problem Bassed
Learning (PBL) sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran problem bassed
learning dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas VIII B MTs An-
Nizham Kota Jambi.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | Perpustakaan UIN STS Jambi |
Date Deposited: | 03 Jun 2025 05:20 |
Last Modified: | 03 Jun 2025 05:20 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/883 |