Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

PENGARUH DISKON HARGA DAN ENDORSMENT TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI TIKTOK (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN STS Jambi)

ANANDA, RIZKY FITRA (2024) PENGARUH DISKON HARGA DAN ENDORSMENT TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI TIKTOK (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN STS Jambi). Other thesis, UIN STS JAMBI.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dengan berkembangnya teknologi dan perkembangan internet, video
pendek lambat laun mempengaruhi bahkan menggantikan media arus utama saat
ini seperti majalah, surat kabar, televisi dan media lainnya, karena kecepatan
distribusinya yang cepat, wilayah distribusi yang luas dan jumlah yang besar dari
para peserta. Laporan We Are Social menunjukkan, jumlah pengguna aktif media
sosial di Indonesia sebanyak 167 juta orang pada Januari 2023.2 Menjual dan
membeli adalah aktivitas sehari-hari yang melibatkan pertukaran produk baik
yang diperlukan maupun tidak terlalu penting. Dari tahun ke tahun, konsumsi
masyarakat terus meningkat.Karena hal ini, sejumlah besar penjual daring

muncul, membuatnya lebih mudah bagi penjual untuk berbelanja secara online. E-
commerce menawarkan keuntungan bagi konsumen, seperti: Menghemat waktu

saat berbelanja, karena dapat dilakukan secara online dan tidak harus langsung ke

toko. Konsumen dapat membandingkan produk dengan lebih akurat. Platform e-
commerce menawarkan berbagai macam toko yang menjual produk yang sama

dan serupa, memungkinkan konsumen untuk dengan mudah membandingkan
produk dari satu toko ke toko lain dalam hal kualitas dan harga. Jenis toko online
yang cukup terkenal adalah Toko Tiktok. Akhir-akhir ini masyarakat heboh
dengan maraknya belanja online yang dilakukan melalui video dan live streaming
melalui aplikasi Tiktok. Inilah mengapa orang tertarik untuk berbelanja di toko
online. TikTok Shop, tambahan terbaru dari aplikasi ini, telah diluncurkan pada
bulan April 2021. Tujuan dari fitur ini adalah untuk memungkinkan pengguna
untuk melakukan transaksi jual-beli di dalam aplikasi TikTok. Pada saat itu,
masih sedikit orang yang mengetahui tentang fitur ini karena masih sangat baru.
Kurangnya daya tarik barang yang di jual serta harga yang masih terlampau mahal
jadi salah satu mahasiswa kurang tertarik membeli barang di tiktok. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengaruh diskon harga dan endorsment terhadap
keputusan pembelian di tiktok. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif
deskriptif. Sampel yang diambil sebanyak 100 responden dengan teknik incidental
sampling (pengambilan sampel insidental). Penelitian ini menggunakan alat
hitung spss versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Diskon Harga dan
endorsement berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.
Berdasarkan analisis data dalam penelitian ini variabel-variabel tersebut valid dan
reliabel. Pada pengajuan asumsi klasik penelitian ini berdistribusi normal, tidak
terjadi heteroskedastisitas, dan multikolinearitas.

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Perpustakaan UIN STS Jambi
Date Deposited: 03 Jun 2025 03:03
Last Modified: 03 Jun 2025 03:03
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/874

Actions (login required)

View Item
View Item