Ramayanti, Dwi Oktavia (2024) SPENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI KAHOOT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS X DI SMA. Other thesis, UIN STS JAMBI.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini membahas tentang pengaruh penggunaan aplikasi kahoot terhadap
motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran biologi kelas X di SMA dengan
tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi kahoot terhadap motivasi
belajar peserta didik pada mata pelajaran biologi di kelas X di SMA dan untuk
mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan aplikasi kahoot terhadap motivasi
belajar peserta didik pada mata pelajaran biologi di kelas X di SMA. Penelitian ini
merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian quasi
experiment (eksperimen semu) dan dengan desain nonequivalent control group
design, pengumpulan data dilakukan dengan teknis kuesioner dan lembar observasi.
Sampel pada penelitian ini menggunakan teknik cluster sampling yaitu peserta
didik pada kelas X-1 dengan jumlah 33 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas
X-2 dengan jumlah 33 orang sebagai kelas kontrol. Analisis data menggunakan uji-
t dengan bantuan SPSS versi 21.00. Hasil uji- t pada penelitian ini yaitu 0,000 <
0,05 maka terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel X terhadap variabel
Y. Sehingga dapat disimpulkan bahwa “Terdapat pengaruh penggunaan aplikasi
kahoot terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran biologi kelas X
di SMA”. Hasil uji effect size diperoleh hasil bahwa pada instrumen kuesioner
sebesar 2,675 dengan kategori sangat tinggi dan pada instrumen lembar observasi
sebesar 2,913 dengan kategori sangat tinggi.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | Perpustakaan UIN STS Jambi |
Date Deposited: | 02 Jun 2025 08:22 |
Last Modified: | 02 Jun 2025 08:22 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/867 |