Nurmayanti, Nining Sani (2024) ETIKA BISNIS MUHAMMAD DJAKFAR DAN RELEVANSINYA TERHADAP TRANSAKSI JUAL BELI DI MARTKETPLACE SHOPEE. Other thesis, UIN STS JAMBI.
Full text not available from this repository.Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah, pertama, untuk mengetahui faktor –
faktor yang melatarbelakangi pemikiran Muhammad Djakfar tentang etika
bisnis islam. Kedua, untuk mengetahui format pemikiran etika bisnis islam
Muhammad Djakfar. Ketiga, untuk mengetahui relevansi pandangan
Muhammad Djakfar mengenai etika bisnis islam dengan transaksi jual beli di
marketplace Shopee. Jenis penilitian ini adalah library research ialah
mempelajari, memahami dan mengutip berbagai teori, pandangan, pendapat,
pernyataan dari Muhammad Djakfar yang diperoleh dari berbagai sumber baik
buku, jurnal dan lainya.
Hasil dari penelitian ini adalah pertama, Etika bisnis Islam menurut
Muhammad Djakfar adalah norma-norma etika yang berbasiskan al-Qur‘an dan
Hadits yang harus dijadikan acuan oleh siapapun dalam melakukan aktivitas
bisnis. Secara konkret dapat diilustrasikan jika seorang pelaku bisnis yang
peduli pada etika, bisa diprediksi ia akan bersikap jujur, amanah, adil dan
selalu melihat kepentingan orang lain (moral altruistik) dan sebagainya.
Sebaliknya, bagi mereka yang tidak mempunyai kesadaran akan etika,
dimanapun dan kapan pun akan menampakkan sikap kontra produktif dalam
mengendalikan bisnis. Kedua, faktor-faktor yang melatarbelakangi pemikiran
Muhammad Djakfar ada tiga, (i) latar belakang pendidikan, (2) masa
jabatannya, (3) penelitian lapangan. Ketiga, dalam praktek jual beli di
marketplace shopee terdapat ketidaksesuaian dalam produk yang diterima
dengan yang di pajang di etalase toko sehingga terjadi kerugian oleh
konsumen.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Perpustakaan UIN STS Jambi |
Date Deposited: | 02 Jun 2025 07:06 |
Last Modified: | 02 Jun 2025 07:08 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/860 |