Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Strategi Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas Minoritas Muslim Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Tungkal Ulu Provinsi Jambi

Bintang Safira, Sonia (2023) Strategi Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas Minoritas Muslim Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Tungkal Ulu Provinsi Jambi. Other thesis, UIN STS JAMBI.

Full text not available from this repository.

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Strategi Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Kelas Minoritas Muslim di Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Tungkal Ulu Provinsi Jambi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Tungkal Ulu. Dan Bagaimana strategi guru dalam meningkatkan minat belajar siswa pada Kelas Minoritas Muslim di Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Tungkal Ulu Provinsi Jambi. Jenis Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Sumber Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer melalui wawancara kepada informan yaitu kepala sekolah, guru pendidikan agama Islam dan siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Tungkal Ulu Provinsi Jambi. Instrumen penelitian yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu dengan pedoman wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yakni, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hsil penelitian ini adalah : 1) Minat belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di Sekolah Menengah Pertama N 5 Tungkal Ulu tergolong baik, hal ini disebabkan oleh guru Pendidikan Agama Islam yang profesional dalam menjalankan tugasnya yaitu dengan kedisiplinan guru dalam mengajar. 2) Strategi guru untuk meningkatkan minat belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Tungkal Ulu melalui strategi pembelajaran inkuiri yang dilaksanakan dengan membangkitkan dan mengembangkan kemampuan berfikir siswa. Selain itu guru Pendidikan Agama Islam juga menggunakan beberapa metode pembelajaran yaitu metode ceramah, tanya jawab, diskusi dan demonstrasi. 3) Kendala yang dihadapi oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan minat belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Tungkal Ulu yaitu kurangnya gairah siswa dalam mengikuti pembelajaran, Masalah ini dipengaruhi oleh faktor internal dan juga oleh faktor eksternal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan UIN STS Jambi
Date Deposited: 02 Jun 2025 04:05
Last Modified: 02 Jun 2025 04:05
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/854

Actions (login required)

View Item
View Item