karmila, Netri (2023) Pengembangan bahan ajar berupa lembar kerja peserta didik (LKPD) BERBASIS KONTEKSTUAL DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 8 MUARA JAMBI/SEDERAJAT. Other thesis, UIN STS JAMBI.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan bahan ajar lembar kerja pesertadidik (LKPD) IPA berbasis kontekstual pada materi pencemaran lingkungan DiKelasVIIMadrasah Tsanawiyah (Mts) Negeri 8 muaroJambi.Penelitian inimerupakan penelitian Research And Development (R&D) dengan menggunakanmodel4-Dyangterdiridari4tahapyaitu,pendefinisandefine),perancangan(design),pengembangan(develop),danpenyebaran(desseminate),.penelitiandibatasi hanya pada tahap Develop(pengembangan) saja dikarenakan waktu, biayadan tenagayangtidakmemungkinkanuntuk tahap Disseminate (penyebaran).Pengumpulandatadilakukandenganobservasi,wawancara,angketdandokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dengan menggunakan skala likert.Hasil penelitian ini berupa LKPD yang layak berdasarkan hasil penelitian ahlidesain, ahli materi dan ahli bahasa yaitu masing-masing sebesar 86,7%, 80% dan88%sehinggamasukdalamkategorivalid/layak.HasilpenelitianjugamenunjukkanbahwabahanajarLKPDyangdikembangkanpraktisuntukdigunakan dalam pembelajaran. Hal ini dilihat dari respon guru IPA dan siswakelasVIIterhadappengembanganLKPD.ResponguruIPAmemperolehpersentase sebesar 98,75% dengan kriteria praktis dan respon siswa kelas VIImemeperoleh persentase sebesar 93.33% dengan kriteria sangat praktis. Dengandemikian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berupa Lembar Kerja Peserta Didik(LKPD)yang dikembangkan valid/layak dan praktis untuk digunakan sebagaisalahsatubahanajardalampembelajaranIPAkelasVIIuntuktingkatanSMP/SEDERAJAT.
KataKunci:LKPD,4-D, Pencemaranlingkungan
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | Perpustakaan UIN STS Jambi |
Date Deposited: | 02 Jun 2025 03:10 |
Last Modified: | 02 Jun 2025 03:10 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/844 |