Maulida, Riha (2023) PENERAPAN METODE DRILL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM AL FALAH KOTA JAMBI. Other thesis, UIN STS JAMBI.
Full text not available from this repository.Abstract
Latar belakang dari penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti hal ini dikarenakan banyaknya siswa yang kurang aktif dalam pembelajaran yang menyebabkan siswa kurang memahami materi dan berdampak pada hasil belajar yang rendah. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX.3 di SMP Islam Al Falah Kota Jambi berjumlah 29 orang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode drill dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX.3 di SMP Islam AL Falah Kota Jambi pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan selama dua siklus terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi yang mana setiap siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, test, dan dokumentasi. Selanjutnya data yang terkumpul di analisis menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari penelitian ini dapat dilihat pada pra siklus terdapat 14 orang siswa yang tuntas 48% (cukup baik), pada siklus I setelah diterapkannya metode drill dalam proses pembelajaran hasil belajar siswa meningkat 21 orang siswa tuntas 72% (baik), dikarenakan presentase ketuntasan belum mencapai indikator minimum, penelitian ini dilanjutkan ke siklus II terdapat 26 siswa yang tuntas 89% (sangat baik). Karena presentase ketuntasan pada siklus II telah mencapai indikator ketuntasan maka penelitian ini di anggap berhasil dan berhenti pada siklus II.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Perpustakaan UIN STS Jambi |
Date Deposited: | 30 Apr 2025 03:39 |
Last Modified: | 30 Apr 2025 03:39 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/83 |