Fadilah, Nur (2023) Implementasi Model Resource Based Learning (RBL) Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Peserta Didik Kelas IV A Sekolah Dasar Negeri 06/IV Pamenang, Kabupaten Merangin. Other thesis, UIN.
Full text not available from this repository.Abstract
Skripsi ini membahas tentang Implementasi Model Resource Based Learning (RBL) Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Peserta Didik kelas IV A Sekolah Dasar Negeri 06/VI Pamenang, Kabupaten Merangin. Untuk mengimplementasi model Resource based learning ini terdapat 3 point penting yaitu bagaimana implementasi Model Resource Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar IPS peserta didik kelas IV A SDN 06/VI Pamenang, apakah model Resource Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPS peserta didik kelas IV A SDN 06/VI Pamenang, dan apa faktor penghambat model Resource Based Learning dalam meningkatkan hasil belajar IPS peserta didik kelas IV A SDN 06/VI Pamenang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran dengan metode Resource Based Learning pada pembelajaran IPS. Jenis penelitian menggunakan Penelitian Deskriptif Kualitatif. Metode pengambilan data data menggunakan metode wawancara, observasi /pengamatan dan dokumentasi. Penelitian yang telah dilakukan di kelas IV A SDN 06/VI Pamenang. Analisis data adalah data colection, data display, data reduction, data verification. Sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan teknik Observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti menemukan bahwa penggunaan model pembelajaran Resource Based Learning berpengaruh secara signifikan terhadap hasil pembelajaran pada mata pelajaran IPS. Hasil penelitin ini tentang guru menerapkan Implementasi model Resource Based Learning di kelas IV A SDN 06/VI Pamenang.Berdasarkan hasil penelitan bahwa perenencanaan model Resource Based Learning pada pembelajaran IPS di kelas IV A SDN 06/VI Pamenang yaitu guru
ix
mempersiapkan Sibalus pembelajaran, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), memberikan motivasi kepada peserta didik, mengatur posisi tempat duduk peserta didik, mempersiapkan materi IPS dengan menggunakan model Resource Based Learning. Pelaksanaan pembelajaran dengan model Resource Based Learning pada pembelajaran IPS di kelas IV A SDN 06/VI Pamenang terdapat langkah-langkah pembelajaran IPS yaitu guru melakukan kegiatan awal meliputi apresiasi, tujuan dan tema, mengatur tempat duduk, melaksanakaan kegiatan pembukaan, guru melakukan kegiatan inti meliputi. Guru melakukan kegiatan penutup yang menyimpulkan kegiatan. Penilaian pembelajaran dengan model Resource Based Learning pada pembelajaran IPS di kelas IV A SDN 06/VI Pamenang menggunakan jenis instrumen penilaian dapat berupa tes lisan secara dan tes tertulis berupa soal pilihan ganda, aspek yang dinilai berupa aspek kognitif, hasil penilaian peserta didik mendapatkan nilai-nilai yang bagus tetapi ada beberapa peserta didik yang tidak tuntas nilai hasil belajar, penilaian diperoleh dari berupa hasil Lembar Kerja Peserta didik dan daftar nilai peserta didik.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Perpustakaan UIN STS Jambi |
Date Deposited: | 30 May 2025 12:23 |
Last Modified: | 30 May 2025 12:23 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/825 |