Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

PENGELOLAAN LAYANAN SKRIPSI DI PERPUSTAKAAN FAKULTAS ADAB DAN HUMANIORA UIN SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI

IQBAL, FARUQ (2024) PENGELOLAAN LAYANAN SKRIPSI DI PERPUSTAKAAN FAKULTAS ADAB DAN HUMANIORA UIN SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI. Other thesis, UIN STS JAMBI.

Full text not available from this repository.

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mengungkap Pengelolaan Layanan Skripsi di
Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Sebagai tujuan antaranya untuk mengetahui pengelolaan layanan skripsi di
Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data
melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang
dilakukan diperoleh hasil dan kesimpulan sebagai berikut: pertama, terdapat tiga
pengelolaan layanan skripsi di Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora UIN
Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, yaitu; perencanaan dalam memberikan layanan
(layanan terbuka dan tertutup), pengorganisasian (organizing), dan melakukan
pengawasan layanan (layanan campuran), Kedua, terdapat dua kendala yang dihadapi
pustakawan dalam pengelolaan layanan skripsi di Perpustakaan Fakultas Adab dan
Humaniora UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi yaitu; terbatasnya kemampuan
pustakawan, dimana keterbatasan pengetahuan Pustakawan dalam memberikan
pelayanan dan pelayanan terkesan lambat sistem pelayanan masih terkesan lambat
dikarenakan sumber daya yang kurang mengatur koleksi dengan baik ditambah lagi
pemahaman teknologi menjadi kendala dalam mewujudkan layanan yang efektif.
Ketiga, terdapat tiga upaya yang dilakukan pustakawan untuk mengatasi kendala
dalam pengelolaan layanan skripsi di Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora
UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, yaitu; memperbaiki manajemen Pustakawan,
dimana dengan mengatur sebuah konsep pelayanan terbuka dan mewujudkan
keinginan mahasiswa, memberikan pelatihan kepada Pustakawan, dimana dengan
mengikuti seminar dan pelatihan yang diadakan pimpinan agar lebih teliti dalam
melakukan pelayanan dan studi visitasi ke beberapa kantor palayanan agar
mendapatkan pengetahuan untuk terampil dalam memberikan pelayanan dan
penegakkan dan pembinaan dispilin pegawai, dengan memberikan teguran dan sanksi
agar pegawai dapat melaksanakan kerjanya dengan baik dan benar.

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Perpustakaan UIN STS Jambi
Date Deposited: 30 May 2025 10:09
Last Modified: 30 May 2025 10:09
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/806

Actions (login required)

View Item
View Item