Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Penelitian ini berfokus tentang Manajemen Pencak Silat Dalam Meningkatkan Kemampuan Kepemipinan Anggota Komisariat Di Pencak Silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Komisariat Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. Dalam Penelitian ini penulis menggunakan pendekatan deskriptif dan metode kualitatif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data yang di mulai dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data meliputi langkah-langkah seperti reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Manajemen Pencak Silat Dalam Meningkatkan Kemampuan Kepemimpinan Anggota Komisariat Di Pencak Silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi sudah terlaksana dengan baik, hal ini dapat dilihat dari prose-proses manajemennya dimulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi. Faktor pendukung dan faktor penghambat dalam meningkatkan Kemampuan kepemimpinan anggota komisariat pencak silat Persaudaraan Setia Hati Terate Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin jambi. Adapun faktor pendukung dan penghambatnya seperti, partisipasi siswa, fasilitas yang memadai dan pengorganisasian yang tepat. Faktor penghambatnya yaitu kurangnya waktu latihan dan kurangnya pelatih yang bersertifikat. Solusi Manajemen Pencak Silat PSHT dalam mengatasi faktor penghambat dalam meningkatkan kemampuan kepemimpinan anggota yaitu dengan menambah waktu latihan dan mengatur jadwal pelatih bersertifikat.

wulandari, wulandari (2025) Penelitian ini berfokus tentang Manajemen Pencak Silat Dalam Meningkatkan Kemampuan Kepemipinan Anggota Komisariat Di Pencak Silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Komisariat Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. Dalam Penelitian ini penulis menggunakan pendekatan deskriptif dan metode kualitatif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data yang di mulai dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data meliputi langkah-langkah seperti reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Manajemen Pencak Silat Dalam Meningkatkan Kemampuan Kepemimpinan Anggota Komisariat Di Pencak Silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi sudah terlaksana dengan baik, hal ini dapat dilihat dari prose-proses manajemennya dimulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi. Faktor pendukung dan faktor penghambat dalam meningkatkan Kemampuan kepemimpinan anggota komisariat pencak silat Persaudaraan Setia Hati Terate Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin jambi. Adapun faktor pendukung dan penghambatnya seperti, partisipasi siswa, fasilitas yang memadai dan pengorganisasian yang tepat. Faktor penghambatnya yaitu kurangnya waktu latihan dan kurangnya pelatih yang bersertifikat. Solusi Manajemen Pencak Silat PSHT dalam mengatasi faktor penghambat dalam meningkatkan kemampuan kepemimpinan anggota yaitu dengan menambah waktu latihan dan mengatur jadwal pelatih bersertifikat. Other thesis, UIN.

Full text not available from this repository.

Abstract

Skripsi ini membahas tentang bagaimana meningkatkan kemampuan berpendapat
siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam kelas VIII SMP Negeri 7 Kota
Jambi dengan menggunakan model pembelajaran brainstorming. Dalam proses
pembelajaran pendidikan agama islam sudah berjalan optimal, tetapi ada salah
satu masalah yang terjadi yaitu, siswa kurang aktif untuk bertanya dan menjawab
pertanyaan dari guru dan kurang semangat dalam megikuti pembelajaran
pendidikan agama islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan
berpendapat siswa dengan mengguanakan model pembelajaran brainstorming.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas
(PTK), penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus mempunyai 4 tahapan
yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini
dilaksanakan di SMP Negeri 7 Kota Jambi dan subjek penelitian ini adalah kelas
VIII C dengan jumlah siswa sebanyak 29 siswa. Pada penelitian ini menunjukkan
bahwa dengan menggunakan model pembelajaran brainstorming dapat
meningkatkan kemampuan berpendapat siswa disetiap siklusnya. Berdasarkan
lembar observasi aktivitas siswa pada siklus I pertemuan 1 pada presentase
61,49%, pada pertemuan 2 siklus II pada presentase 64,79%, pada siklus II
pertemuan 1 mengalami peningkatan 79,45%, dan siklus II pertemuan 2
mengalami peningkatan 83,90%. Kemudian hasil dari tes kemampuan
berpendapat siklus I mencapai angka 77,58% sengan siklus II mengalami
peningkatan mencapai angka 88,79%. Dari hasil siklus I dan siklus II dapat
disimpulkan bahwa model pembelajaran brainstorming dapat diterapkan pada
pembelajaran pendidikan agama islam untuk meningkatkan kemampuan berpendapat

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan UIN STS Jambi
Date Deposited: 30 May 2025 07:51
Last Modified: 30 May 2025 07:51
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/778

Actions (login required)

View Item
View Item