mukminin, Amirul (2024) TRANSAKSI PERDAGANGAN ONLINE DALAM PERSPEKTIF HADIS (Studi Ma’anil Hadis). Other thesis, UIN STS JAMBI.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pertumbuhan signifikan perdagangan
melalui platform digital dalam beberapa dekade terakhir. Fenomena ini dipicu
oleh kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, serta perubahan perilaku
konsumen yang semakin mengandalkan internet untuk berbelanja dan melakukan
transaksi. Puncaknya, dalam kasus covid-19 beberapa tahun lalu yang
mencatatkan semakin banyaknya aktifitas perdagangan online ini.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
kepustakaan (library research) dengan teknik deskriptif dan eksploratif yang
menekankan pada sumber tertulis dan terkodifikasi dalam hadis-hadis Rasulullah
SAW. Fokus utama yang diteliti adalah hadis yang berkaitan dengan perdagangan
barang yang tidak dapat disaksikan wujud barangnya karena memiliki kemiripan
dengan perdagangan online.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Hadis
tentang perdagangan online dapat ditemukan bentuknya dalam Ṣaḥīḥ al-Bukhārī
nomor 2239, 2240, 2241, 2244, 2253; Ṣaḥīḥ Muslim nomor 1604; Sunan Ibnu
Mājah nomor 2194, 2195, 2280; Sunan al-Nasā’ī nomor 4521, 4530, 4616, Sunan
Al-Tirmiẓī nomor 1230, 1311; Sunan Abū Dāwud nomor 3463; dan Musnad
Aḥmad nomor 1868, 1937, 2548, 3370, 3676; 2) Pemahaman dari hadis di atas
menerangkan bahwa perdagangan tersebut termasuk transaksi barang yang tidak
dapat disaksikan (bay’ al-ghāib atau bay’ ghair al-mushāhadah) yang dilarang
kecuali dengan syarat menjelaskan spesifikasi barang dengan jelas, tidak
menyembunyikan kecacatan barang, dan adanya hak memilih (khiyār) bagi pelaku
transaksi untuk meneruskan atau membatalkan transaksi perdagangan; 3)
Kontekstualisasi hadis tersebut menemukan signifikansinya pada era digitalisasi
dalam bentuk-bentuk perdagangan modern yang mengandalkan internet seperti
marketplace dan e-commerce yang memungkinkan terjadinya penipuan. Untuk
meminimalisir hal itu, terdapat aturan yang dipatuhi seperti fitur retur sebagai hak
khiyar bagi konsumen yang menerima barang rusak atau tidak sesuai spesifikasi
dengan menyertakan video membuka segel pesanan (unboxing).
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ushuludin dan Studi Agama > Ilmu Hadis |
Depositing User: | Perpustakaan UIN STS Jambi |
Date Deposited: | 28 May 2025 06:03 |
Last Modified: | 28 May 2025 06:03 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/737 |