Namirayana, Namirayana (2024) Analisis Kesalahan Siswa Madrasah Tsanawiyah dalam Menyelesaikan Soal Pemahaman Konsep Matematika Ditinjau dari Teori Nolting. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan serta faktor
penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal pemahaman konsep
matematika dalam materi Aritmatika Sosial berdasarkan Teori Nolting. Penelitian
ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data
berupa observasi, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Subjek penelitian
terdiri dari 6 (Enam) siswa, dan keabsahan data diuji melalui triangulasi teknik
dengan membandingkan hasil tes matematika siswa dan hasil wawancara. Hasil
analisis menunjukkan beberapa jenis kesalahan yang dilakukan oleh subjek, yaitu:
1) Kesalahan membaca petunjuk (misread-direction errors) penyebabnya siswa
terburu-buru dan kurangnya kebiasaan membaca petunjuk, 2) Kesalahan
kecerobohan (careless errors) dalam perhitungan karena kurang teliti, 3)
Kesalahan konsep (concept errors) terkait pemahaman Aritmatika Sosial karena
kurang belajar, 4) Kesalahan penerapan (application errors) dalam operasi
bilangan karena kurangnya pemahaman materi, 5) Kesalahan saat tes (test-taking
errors) karena tidak memeriksa jawaban karena tergesa-gesa dan kurangnya
kebiasaan menyelesaikan soal secara sistematis, 6) Kesalahan belajar (study
errors) karena kurangnya minat siswa terhadap materi Aritmatika Sosial."
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Mahdianto UIN Jambi |
Date Deposited: | 28 May 2025 02:42 |
Last Modified: | 28 May 2025 02:42 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/714 |