fadholi, ahmad (2025) analisis model problem based learning pada kemampuan berpikir kritis siswsa dalam pembelajaran fiqh di MTs Mahdaliyah kota Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, proses pembelajaran dan evaluasi pembelajaran fiqh dengan model pembelajaran problem based learning dalam mengetahui kemampuan berpikir kritis peserta didik pada kelas VII – IX di MTs Mahdaliyah Kota Jambi. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu, metode kualitatif dengan subjek penelitian siswa dan guru yang berada dilingkungan sekolah. Untuk teknik pengambilan data menggunakan hasil observasi lapangan, dokumentasi, catatan hasil wawancara guru dan siswa. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis domain, taksonomi dan komponensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan yang dilakukan guru fiqh pada kelas VII-IX MTs Mahdaliyah sesuai rencana pelaksanaan pembelajaran yang telah dibuat, dengan langkah-langkah model pembelajaran RPP. Pelaksanaan model pembelajaran PBL juga mengikuti langkah-langkah yang telah tertuang pada model tersebut dan guru sebagai fasilitator dengan memberikan fasilitas internet kepada siswa. Proses evaluasi pembelajaran menggunakan semua aspek, seperti aspek kognitif, afektif dan psikomotor. Kemampuan berpikir kritis pada kelas VII dapat dikatakan dalam kondisi cukup kritis, pada kelas VIII dan IX tergolong pada kategori kritis.
Kata Kunci : Model Pembelajaran PBL, Pembelajaran Fikih, Kemampuan Berpikir Krtis,
"
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email admindigilib@uinjambi.ac.id |
Date Deposited: | 30 Apr 2025 02:43 |
Last Modified: | 30 Apr 2025 02:43 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/63 |