Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN BERMUATAN IPA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 015/V SERDANG JAYA

Afdian, Rozen (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN BERMUATAN IPA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 015/V SERDANG JAYA. Other thesis, UIN STS JAMBI.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pada pelajran tematik bermuatan IPA. Ilmu pengatahuan alam hakikat
merupakan ilmu pengtahuan tentang gejala alam yang dituagkan berupa fakta,
konsep, dan hukum yang teruji kebenarannya dan melalui sesuatu rangkaian kegiatan
dalam motede ilamiah, sehingga di butuhkan siswa untu berpikiri kritis, model
pembelajaran inkuiri terbimbing dengan model tersebut bisa membuat
berkembangnya keterampilan berpikir kritis. Tujuan dari penelitian ini untuk
mengatahui peningkatan berpikir kritis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian
tindakan kelas ( PTK) Dengan menggunakan model Kemmis & Mc Tanggart yang
terdiri dari perencanaan, pelaksanaaan, pengamatan, dan refleksi dengan
menggunakan 2 siklus. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan metode
observasi, wawancara, tes dan metode dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa adanya peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran
tematik bermuatan IPA melalui penerapan model pembelajan inkuiri terbimbing ,
diperoleh persentase ketuntasan kemampuan kerja sama siswa pra siklus dengan
persentase 9,2 Siklus I 40 %dan siklus II 88%. Serta terjadinya peningkatan pada
aktivitas guru dan siswa siklus I dengan persentase 63.75% siklus II 91% dan juga
peningkatan Pre tes 9,2 %, Post test I 40% dan post test II 88%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Perpustakaan UIN STS Jambi
Date Deposited: 26 May 2025 03:09
Last Modified: 26 May 2025 03:09
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/611

Actions (login required)

View Item
View Item