MARLINA, SITI (2023) THE EFFECT OF RICOSRE FOR CRITICAL THINKING ON ELEVENTH GRADERS AT ISLAMIC SENIOR SECONDARY SCHOOL AL-JAUHAREN JAMBI CITY. Other thesis, UIN STS JAMBI.
Full text not available from this repository.Abstract
: TheEffect of RICOSRE for Critical Thinking on Eleventh Graders at
Islamic Senior Secondary School Al-Jauharen Jambi City.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh
model RICOSRE terhadap kemampuan berpikir kritis siswa Kelas XI di Madrasah
Aliyah Al-Jauharen Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif
dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel
dalam penelitian ini dilakukan dengan random sampling. Teknik pengumpulan data
dilakukan dengan tes. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis 1 yang telah dilakukan
pada hasil posttest kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol dengan hasil
perhitungan diperoleh nilai signifikan = 0,00 dengan taraf signifikan a= 0,05.
Karena nilai sig. < a yaitu 0,00 > 0,05 berarti nilai sig. sehingga menyebabkan Ha1
dinyatakan diterima dan H01 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat
pengaruh yang signifikan kemampuan berpikir kritis siswa yang diajar dengan
menggunakan model pembelajaran RICOSRE dengan konvensional. Hasil
pengujian hipotesis 2 yang telah dilakukan pada hasil posttest kelompok
eksperimen dengan kelompok kontrol dengan hasil perhitungan diperoleh nilai rataratanya sebanyak 9,9 dari 76,75 pada kelompok eksperimen yang diajar dengan model pembelajaran RICOSRE dan 66,82 pada kelompok kontrol yang diajar
dengan model pembelajaran konvensional. Sehingga menyebabkan Ha2 dinyatakan
diterima dan H02 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan
yang signifikan kemampuan berpikir kritis siswa yang diajar dengan menggunakan
model pembelajaran RICOSRE dengan konvensional pada XI kemampuan berpikir
kritis siswa kelas XI Madrasah Aliyah Al-Jauharen Kota Jambi. Maka disimpulkan
bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis siswa
materi teks tertulis berbentuk undangan resmi kelas XI Madrasah Aliyah AlJauharen Kota Jambi Tahun Ajaran 2022/2023 antara model pembelajaran
RICOSRE dan model konvensional.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Adab dan Humaniora > Sastra Inggris |
Depositing User: | Perpustakaan UIN STS Jambi |
Date Deposited: | 26 May 2025 03:06 |
Last Modified: | 26 May 2025 03:06 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/603 |