Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Implementasi Media Pembelajaran WordWall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Swasta Al-Hidayah Kebon IX Kecamatan Sungai Gelam Kabupaten Muaro Jambi

Marselina, Vellya (2024) Implementasi Media Pembelajaran WordWall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Swasta Al-Hidayah Kebon IX Kecamatan Sungai Gelam Kabupaten Muaro Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Full text not available from this repository.

Abstract

Observasi awal yang dilaksanakan di kelas VII Madrasah Tsanawiyah Swasta Al-Hidayah Kebon IX Kecamatan Sungai Gelam Kabupaten Muaro Jambi Provinsi Jambi mengungkapkan bahwa para siswa memiliki potensi signifikan dalam peningkatan hasil belajar. Meskipun pada dasarnya mereka merupakan siswa yang cerdas dan berprestasi dalam mata pelajaran Fiqih, namun masih ditemukan keluhan dan kurangnya antusiasme karena proses pembelajaran yang monoton dan kurang terarah. Media pembelajaran Wordwall hadir sebagai solusi pembelajaran interaktif yang dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan menarik bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah media Wordwall dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas VII pada mata pelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Swasta Al-Hidayah Kebon IX. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Swasta Al-Hidayah Kebon IX yang berjumlah 24 orang. Dari 24 siswa hanya 7 siswa dengan persentase 29,17% yang tuntas, sedangkan 17 siswa dengan persentase 70,83% tidak tuntas dengan memperoleh nilai di bawah KKM yaitu 75. Penelitian ini merupakan jenis penelitian (Classroom Action Research) tindakan kelas dengan menggunakan desain true experimental – posttest only control group, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, post-test, dan dokumentasi. Hasil belajar siswa setelah penerapan media Wordwall pada mata pelajaran Fiqih, khususnya pada materi Shalat sunah Muakkad dan Ghairu Muakkad, menunjukkan peningkatan. Pada siklus I, nilai ketuntasan secara klasikal adalah 54,1% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 87,5%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, bahwa Implementasi media pembelajaran Wordwall dapat meningkatkan hasil belajar Fiqih Siswa kelas VII Di MTsS Al-Hidayah Kebon IX Kecamatan Sungai Gelam Kabupaten Muaro Jambi. Hasil penelitian ini menyarankan agar guru menerapkan media Wordwall untuk meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran Fiqih.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mahdianto UIN Jambi
Date Deposited: 22 May 2025 02:43
Last Modified: 22 May 2025 02:43
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/500

Actions (login required)

View Item
View Item