Stevindiya, Finky (2025) Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IX Pada Pembelajaran Fiqih Materi Penyelenggaraan Jenazah di Madrasah Tsanawiyah Al-Hidayah Kebon IX Kecamatan Sungai Gelam Kabupaten Muaro Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
"Berdasarkan hasil observasi awal dapat dilihat bahwa ketuntasan
ketrampilan belajar siswa kelas IX A MTsS Al-Hidayah Kebon IX Kecamatan
Sungai Gelam Kabupaten Muaro Jambi Provinsi Jambi terlihat masih
tergolong rendah. Rendahnya Hasil Belajar belajar siswa tersebut dipengaruhi
oleh beberapa faktor. Salah satu faktor yang sangat berpengaruh adalah guru.
Strategi belajar mengajar yang digunakan oleh guru sangat berpengaruh dalam
hasil belajar siswa, jika guru masih menggunakan cara yang lama sehingga
pembelajaran menjadi monoton. Maka hal tersebut akan mengakibatkan
pemahaman peserta didik menjadi kurang, sehingga mempengaruhi hasil
belajar siswa kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
apakah penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa
pada kelas IX A pada mata pelajaran Fiqih materi penyelenggaraan jenazah di
MTsS Al-Hidayah Kebon IX. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan
Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan
metode tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dilakukan
menggunakan dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX A di
MTsS Al-Hidayah Kebon IX yang berjumlah 24 orang. Dalam penerapan
Metode pembelajaran demonstrasi ini terjadi peningkatan hasil belajar siswa
setiap siklusnya. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 71%
sedangkan nilai rata-rata hasil observasi pada siklus I yaitu 70%, pada siklus II
nilai rata-rata hasil belajar siswa yang diperoleh adalah 91,6% sedangkan nilai
rata-rata hasil observasi pada siklus II yaitu 90%. Pada siklus I terdapat 71% siswa yang tuntas dan 29% siswa yang belum tuntas, sedangkan pasa siklus II
terdapat 91,6%% siswa tuntas dan 8,3% siswa yang belum tuntas. Yang
artinya melalui penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran dapat
meningkatkan hasil belajar siswa.
"
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mahdianto UIN Jambi |
Date Deposited: | 22 May 2025 02:38 |
Last Modified: | 22 May 2025 02:38 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/498 |