Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DALAM PROSES PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Lia Agustine, Fadma (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DALAM PROSES PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Other thesis, UIN STS JAMBI.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian yang berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Student Teams
Acievement Division (STAD) dalam Proses Pembelajaran IPA untuk
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa” bertujuan untuk mengetahui bagaimana
proses pembelajaran IPA dengan digunakannya model pembelajaran kooperative
tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil
belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, subjek
penelitian ini adalah kelas VIII J sebanyak 31 siswa. Hasil belajar yang diukur
merupakan hasil belajar kognitif siswa, dimana penilaian pengetahuan siswa
dilakukan menggunakan tes evaluasi soal pilihan ganda yang diimplementasikan
melalui aplikasi/webtool Quizizz. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil
belajar kognitif siswa mengalami peningkatan yakni pada kegiatan awal/ pra
siklus rata-rata hasil belajar siswa sebesar 40,7 dengan persentase ketuntasan
20,70% meningkat pada siklus 1 dengan rata-rata hasil belajar 68,67 dengan
persentase ketuntasan pada 53,3%. Kemudian pada siklus 2 rata-rata hasil belajar
siswa meningkat menjadi 80,14 dengan persentase ketuntasan 86,20%
Kesimpulannya siswa dapat memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM)
sebesar 75 dengan diterapkannya model pembelajaran Student Teams Acievement
Division (STAD).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Perpustakaan UIN STS Jambi
Date Deposited: 15 May 2025 05:43
Last Modified: 15 May 2025 05:43
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/474

Actions (login required)

View Item
View Item