Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

"MANAJEMEN PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN HIMPUNAN MAHASISWA ISLAM (HMI) CABANG JAMBI TERHADAP KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA"

Sugara, Prans (2025) "MANAJEMEN PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN HIMPUNAN MAHASISWA ISLAM (HMI) CABANG JAMBI TERHADAP KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA". Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Full text not available from this repository.

Abstract

"Penelitian ini di latar belakangi dengan daya minat yang tinggi anggota
Himpunan Mahasiswa Islam cabang jambi dalam mengikuti pelatihan (Trainig)
dan pengembangan (develpment) dalam kegiatan latihan kader II HMI cabang
Jambi sebagai upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui manajemen pelatiahan dan pengembangan,
manajemen pengelolaan forum pelatihan dan pengembangan serta faktor
pendukung dan faktor penghambat dalam kegiatan tersebut untuk mencapai
tujuaanya.
Pendekatan penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian kualitatif
deskriptif, dengan metode penelitian observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari
pendekatan tersebut akan memberikan fakta dan data, kemudian data tersebut
dianalisis melalui teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan
verifikasi data.
Adapun hasil dalam penelitian ini yaitu, pertama, manajemen pelatihan
dan pengembangan HMI cabang Jambi di lakukan dengan perencanaan yang di
hasilkan dari rapat pengurus HMI cabang Jambi, pembentukan panitia,
pelaksanaan sesuai tugas yang telah di tentukan, pengawasan yang di lakukan oleh
pengurus cabang dan evaluasi yang di lakukan selama kegiatan berlangsung
dengan metode rapat evaluasi. Kedua, manajemen forum pelatihan dan
pengembangan HMI cabang Jambi di lakukan dengan rapat dari badan pengelola
latihan (BPL) HMI cabang jambi terkait metoded yang akan di gunakan pada
forum, pembentukan tim pengelola, pelaksanaan forum: materi, diskusi, ice
breaking, dan post test, pengawasan yang di lakukan oleh tim pengelola kepada
peserta, panitia dan pemateri dan evaluasi yang di lakukan selama kegiatan
berlangsung. Ketiga, faktor pendukung dalam kegiatan tersebut yakni, komunikasi
yang efektif, sumber daya manusia yang memadai, disposisi yang di hasilkan
kesepakatan, dan struktur birokrasi yang teapat. Faktor penghambat kegiatan ini
yakni, pendanaan, pemateri yang berhalangan atau tidak sesuai kapasitas, waktu
yang tidak sesuai rencana, fasilitas yang kurang memadai.
Kata kunci: Manajemen, Pelatihan Dan Pengembangan, Kualitas Sumber
Daya Manusia"

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Dakwah > Manajemen Dakwah
Depositing User: Mahdianto UIN Jambi
Date Deposited: 15 May 2025 02:57
Last Modified: 15 May 2025 02:57
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/425

Actions (login required)

View Item
View Item