Hadi, Azlan (2023) تحليل دوافع لإلتقان اللغة العربية عند التالميذ في المدرسة الثانوية فجر إسالم بقرية لوبوك ريسام بمنطقة سراالغون. Other thesis, UIN STS Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis motivasi penguasaan
bahasa Arab untuk meningkatkan taraf belajar siswa di MTS Fajar Islam Desa Lubuk
Resam, Kabupaten Sarolangun dan untuk mengetahui strategi pembelajaran bahasa
Arab untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di Desa Lubuk Resam, Kabupaten
Sarolangun. Seperti yang kita ketahui, bahwa bahasa Arab adalah salah satu mata
pelajaran di sekolah Islam. Bahasa Arab merupakan bahasa ibu atau mother language
sebagian masyarakat di dunia, khususnya umat Islam. MTS Fajar Islam terletak di Desa
Lubuk Rasam, Kabupaten Sarolangun, Provinsi Jambi. Sekolah MTS Fajar Islam yang
terletak di Desa Lubuk Resam, Kecamatan Nan Gedang, Kabupaten Sarolangun
merupakan salah satu sekolah menengah berbasis agama yang di dalamnya diajarkan
pendidikan bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dan
adapun lokasi penelitian ini dilakukan di Sekolah MTS Fajar Islam, Kabupaten
Saralangon. Adapun metode yang dipakai di dalam pengumpulan data adalah metode
observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
Tentang motivasi siswa dalam belajar bahasa Arab di MTS Fajar Islam, Kabupaten
Sarolangun ada yang motivasinya tinggi, ada yang motivasinya sedang, dan ada juga
yang memiliki motivasi yang rendah. Hal di atas dipengaruhi oleh kompetensi
(kemampuan) seorang guru dan motivasi siswa. Ditinjau dari kompetensi guru bahasa
Arab di MTS Fajar Islam dapat disimpulkan bahwa guru tersebut memiliki kompetensi,
kepribadian yang baik dan akhlak yang terpuji. Guru juga memiliki tanggung jawab
yang besar dalam membangkitkan motivasi belajar bahasa Arab di kalangan siswa,
khususnya di sekolah MTS Fajar Islam. Sedangkan yang berkaitan dengan Strategi yang
dapat meningkatkan semangat belajar bahasa Arab di Sekolah MTS Fajar Islam,
meliputi: Pertama, Menetapkan spesifikasi dan tujuan dalam proses belajar mengajar
dalam kaitannya dengan hasil yang ingin dicapai., Kedua, memilih pendekatan belajar
mengajar yang paling tepat dan efektif untuk mencapai tujuan., Ketiga, memilih dan
menetapkan tujuan. prosedur, metode dan metode belajar mengajar yang paling tepat
dan efektif., Keempat, menetapkan standar atau kriteria keberhasilan agar guru
memiliki pegangan yang dapat digunakan sebagai ukuran seberapa baik tugas yang telah
diselesaikan telah dilakukan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab |
Depositing User: | Perpustakaan UIN STS Jambi |
Date Deposited: | 15 May 2025 02:35 |
Last Modified: | 15 May 2025 02:35 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/423 |