PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR BERBASIS PEMBELAJARAN ABAD 21 PADA PENDIDIAKAN DASAR DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AHMAD DAHLAN KOTA JAMBI

Devi Setyaningrum, Vina (2023) PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR BERBASIS PEMBELAJARAN ABAD 21 PADA PENDIDIAKAN DASAR DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AHMAD DAHLAN KOTA JAMBI. Other thesis, UIN STS Jambi.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran abad 21 merupakan pembelajaran yang dirancang untuk generasi abad ke-21 agar mampu mengikuti arus dalam perkembangan zaman. Didalam pembelajaran abad 21 menekankan 4C. 4C terdiri dari kolaboratif ( Collaboration ), kreatif ( Creative ) , komunikasi ( Comunication ) dan berfikir kritis ( Critical Thinking ). Tantangan pembelajaran abad 21 merupakan hal yang sedang dihadapi saat ini. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui seperti apa konsep pembelajaran abad 21 bila di kolaborasikan dengan kurikulum merdeka pada Sekolah Dasar Islam Terpadu Ahmad Dahlan kota Jambi. Mulai dari pelaksanaan, perencanaan, serta evaluasinya bahkan tantangan serta hambatan yang di hadapi. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode penelitian Studi Kasus dan untuk pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti menemukan dalam penerapan pembelajaran abad 21 pada kurikulum merdeka yang di terapkan di Sekolah Dasar Islam Terpadu Ahmad Dahlan belum sepenuhnya menerapkan merdeka belajar hanya untuk kelas I dan IV . Pada mata pelajaran Projek di kelas IV, guru menggunakan model pembelajaran Inquiry Learning yang tujuannya mengajak siswa agar lebih aktif, kreatif, komunikatif dan berfikir kritis sejalan dengan 4C yang ditekankan pada pembelajaran abad 21. Dilihat dari hasil observasi, ternyata pada semester I siswa diberi materi tentang anyam dan di semester II diberi materi tentang makanan tradisional. Pada akhir semester nantinya ada suatu kegiatan untuk mengembangkan jiwa lifeskill siswa yakni gebyar unjuk karya siswa yang telah dipersiapkan lewat pelajaran Projek yang tentunya karya tersebut bukanlah karya yang satu hari jadi namun karya yang dibuat secara bertahap.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Perpustakaan UIN STS Jambi
Date Deposited: 29 Apr 2025 07:33
Last Modified: 29 Apr 2025 07:46
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/41

Actions (login required)

View Item
View Item