Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

THE EFFECT OF THE PROBLEM-BASED LEARNING MODEL ON STUDENTS’ SPEAKING IN ENGLISH SUBJECT AT NINTH GRADE OF SMP 21 MUARO JAMBI

MARDIANTI, RIKA (2023) THE EFFECT OF THE PROBLEM-BASED LEARNING MODEL ON STUDENTS’ SPEAKING IN ENGLISH SUBJECT AT NINTH GRADE OF SMP 21 MUARO JAMBI. Other thesis, UIN STS Jambi.

Full text not available from this repository.

Abstract

Masalah utama dari penelitian ini adalah bagaimana peningkatan akurasi struktur dan
akurasi kosa kata siswa setelah menerapkan model pembelajaran berbasis masalah di

kelas 9 SMP Negeri 21 Muaro Jambi. Penelitian ini menggunakan penelitian pra-
eksperimen dengan desain kuantitatif menggunakan model pembelajaran berbasis

masalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Prosedur penelitian
meliputi pre-test, treatment dan post-test. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas
IX SMP Negeri 21 Muaro Jambi. Peneliti menggunakan teknik purposive sampling.
Instrumen penelitian berupa tes berbicara.
Berdasarkan hasil penelitian, skor pretest pada struktur akurasi adalah (43) dan skor
posttest adalah (73), hasil nilai T-test (24,149) lebih tinggi dari T-tabel (1,761). Dan
nilai pre-test pada akurasi kosakata adalah (44) dan nilai post-test adalah (73), hasil
nilai T-test (18,265) lebih tinggi dari T-tabel (1,761). Dari hasil analisis data
penelitian disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran berbasis masalah
dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa di SMP Negeri 21 Muaro Jambi.

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: Perpustakaan UIN STS Jambi
Date Deposited: 14 May 2025 03:51
Last Modified: 14 May 2025 03:51
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/407

Actions (login required)

View Item
View Item