Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) pada Langkah Polya ditinjau Berdasarkan Gender

Zaidah, Nur (2023) Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) pada Langkah Polya ditinjau Berdasarkan Gender. Other thesis, UIN STS JAMBI.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk mendekripsikan kesalahan serta
mengetahui penyebab kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal
cerita pada materi sistem persamaan linear tiga variabel (SPLTV) pada langkah
polya ditinjau berdasarkan gender. Subjek penelitian ini adalah 6 siswa kelas X
MA Nururrodhiyah Kota Jambi, dengan 3 siswa perempuan dan 3 siswa laki-laki.
Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode tes,
obeservasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan triangulasi
teknik untuk menguji keabsahan data. Teknik analisis data pada penelitian ini
yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa kesalahan pada tahap memahami masalah dan menyusun
rencana tergolong cukup rendah, sedangkan kesalahan pada tahap menyelesaikan
permasalahan sesuai rencana dan memeriksa kembali tergolong cukup tinggi.
Siswa laki-laki lebih banyak melakukan kesalahan pada tahap memahami
masalah, menyelesaikan permasalahan dan memeriksa kembali. Sedangkan siswa
perempuan lebih banyak melakukan kesalahan pada tahap menyelesaikan
permasalahan dan memeriksa kembali. Adapun penyebab kesalahan siswa dalam
penelitian ini yaitu kurangnya ketelitian dan kemampuan dalam menyelesaikan
soal matematika.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Perpustakaan UIN STS Jambi
Date Deposited: 14 May 2025 03:46
Last Modified: 14 May 2025 03:46
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/405

Actions (login required)

View Item
View Item