Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

MANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUM DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 3 KOTA JAMBI

Andreani, Syakila (2023) MANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUM DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 3 KOTA JAMBI. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Full text not available from this repository.

Abstract

Skripsi ini membahas tentang manajemen pengembangan kurikulum kurikulum di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Kota Jambi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen pengembangan kurikulum di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari data primer dan sekunder. Data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Manajemen Pengembangan Kurikulum di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Kota Jambi yaitu perencanaan kurikulum dimulai dengan mengadakan rapat oleh tim pengembang kurikulum yang merupakan menentukan strategi awal dalam perencanaan kurikulum. Pengorganisasian kurikulum yaitu terdapat tim perencanaan kurikulum yang diketuai oleh waka kurikulum, waka kesiswaan, dan guru senior yang berkopeten dalam bidangnnya. Pelaksanaan kurikulum yakni madrasah menerapkan kurikulum 2013 pada kelas delapan dan sembilan sedangkan kurikulum merdeka pada kelas tujuh berjalan dengan baik. Evaluasi kurikulum yaitu kepala madrasah memiliki peran untuk mengawasi setiap perkembangan kurikulum yang ada dilingkungan madrasah. Selanjutnya melakukan supervise untuk melihat hasil dari perencanaan kurikulum apakah sudah berjalan dengan efektif atau tidak. Faktor-faktor penghambat antara lain : belum maksimalnya pelatihan untuk tenaga pendidik dan kependidikan terkain pengembangan kurikulum. Faktor pendukung antara lain : madrasah berkerja sama dengan pihak luar seperti kementrian agama, dinas pendidikan dan dinas terkait untuk bisa menjalankan kurikulum sesuai dengaan yang telah direncanakan. Analisis SWOT dalam manajemen pengembangan kurikulum di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Kota Jambi yaitu dengan menggunakan variabel kekuatan (strength), kelemahan (weakness), peluang (opportunity ) dan ancaman (threats). Peneliti memiliki saran yakni sebaiknya Tenaga Pendidik dan Kependidikan harus mengikuti diklat yang resmi dalam penerapan kurikulum merdeka agar berjalan lebih maksimal lagi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Nadia Rezky
Date Deposited: 04 Dec 2025 04:04
Last Modified: 04 Dec 2025 04:04
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/4007

Actions (login required)

View Item
View Item