SUBHI, M. (2023) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MOTOVASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 5 BUNGO KECAMATAN TANAH SEPENGGAL KABUPATEN BUNGO PROVINSI JAMBI. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Pendekatan yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, jenis penelitiannya yaitu analisis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian adalah di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 5 Bungo Kecamatan Tanah Sepenggal Kabupaten Bungo Provinsi Jambi. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu dengan cara reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian dilapangan penelitian ini mengemukakan bahwa: 1) Pelaksanaan strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di Sekolah Negeri 5 Bungo Kecamatan Tanah Sepenggal Kabupaten Bungo Provinsi Jambi sudah berjalan cukup baik, hal ini dilihat dari segi, a. Guru sudah menerapkan beberapa strategi pembelajaran di kelas, b. Adanya daya tarik dan motivasi anak-anak untuk mengikuti kegiatan pembelajaran dikelas. 2) kendala yang dihadapi guru Pendidikan Agma Islam beberapa faktor, a. Rendahnya pemahaman siswa tentang materi Pendidikan Agama Islam karena daya tangkap anak dalam setiap penjelasan tentang materi Pendidikan Agama Islam berbeda beda. b. Kurangnya minat belajar siswa selama jam pembelajaran berlangsung. c. Kurangnya dukungan dan perhatian dari orang tua siswa di rumah. 3) Adapun strategi yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam a. Dilakukan pembelajaran khusus serta pengayaan bagi siswa yang belum memahami materi Pendidikan Agama Islam dan melakukan remedial bagi siswa bagi siswa yang mendapatkan nilai yang rendah. b. Mengajak siswa ikut aktif dalam proses belajar mengajar seperti memberikan reward kepada siswa yang mendapat nilai terbaik pada nilai harian Pendidikan Agama Islam serta memberikan hukuman kepada siswa yang mendapat nilai paling rendah pada nilai harian Pendidikan Agama Islam, c. Bekerja sama dengan kedua orang tua siswa agar selalu memberikan apresiasi terhadap kemampuan anak. Kesimpulan pada penelitian ini adalah dalam strategi guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di sekolah negeri 5 bungo kecamatan tanah sepenggal kabupaten bungo provinsi jambi perlunya peningkatan perhatian terhadap siswa.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
| Depositing User: | Nadia Rezky |
| Date Deposited: | 10 Dec 2025 04:43 |
| Last Modified: | 10 Dec 2025 04:43 |
| URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/3973 |
