PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI MADRASAH ALIYAH AS’AD KOTA JAMBI

mubarakah, Sya’baniyah (2023) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI MADRASAH ALIYAH AS’AD KOTA JAMBI. Other thesis, UIN STS JAMBI.

Full text not available from this repository.

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe
Student Teams Achievement Division (STAD) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar
Akidah Akhlak Siswa Kelas X MIPA 3 DI madrasah aliyah as’ad Kota Jambi.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana tingkat efektivitas
pembelajaran akidah akhlak dengan menggunakan strategi pembelajaran
kooperative tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) untuk
meningkatkan hasil belajar siswa di kelas X mipa 3 di madrasah aliyah as’ad Kota
Jambi dan mengetahui respon siswa terhadap penerapan strategi pembelajaran
kooperative tipe Student Team Achievement Divisions (STAD).
Penelitian ini dilakukan dengan subyek penelitian siswa kelas X Mipa 3 di
madrasah aliyah as’ad Kota Jambi tahun ajaran 2022/2023. Metode penelitian
yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua
siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan, yakni diskusi dan tes formatif
dengan menggunakan soal, lembar observasi siswa dan guru.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi
pembelajaran Kooperative tipe Student Teams Achievement Division (STAD)
dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes formatif
yang meningkat dibandingkan pra siklus dan juga tercapainya nilai siswa di atas
Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran
dengan menerapkan strategi pembelajaran Kooperative tipe Student Teams
Achievement Division (STAD) sangat efektif sehingga dapat meningkatkan hasil
belajar akidah akhlak siswa kelas X Mipa 3 madrasah aliyah as’ad Kota Jambi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan UIN STS Jambi
Date Deposited: 08 May 2025 08:52
Last Modified: 08 May 2025 08:52
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/372

Actions (login required)

View Item
View Item