AL QORI, RIPAT (2023) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENERAPKAN PEMBIASAAN SHALAT ZUHUR BERJAMA’AH DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 5 SAROLANGUN. Other thesis, UIN STS JAMBI.
Full text not available from this repository.Abstract
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah Untuk mengetahui
pelaksanaan shalat Zuhur berjama’ah siswa di Sekolah Menengah Kejuruan
(SMK) Negeri 5 Sarolangun, Untuk mengetahui upaya pembiasaan Shalat Zuhur
berjama’ah siswa oleh guru PAI di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 5
Sarolangun, Untuk mengetahui kendala pembiasaan shalat Zuhur berjama’ah
siswa oleh guru PAI di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 5 Sarolangun.
Pendekatan ini menggunakan pendekatan kualitatif, sebagai upaya untuk
memberikan jawaban atas permasalahan yang telah dibentangkan yaitu penelitian
yang pengumpulan datanya dilakukan dengan cara memperoleh data melalui
penelitian berdasarkan objek lapangan. Adapun teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik
analisis data yang digunakan ialah: Reduksi Data, Penyajian data, dan
Penyimpulan dan Verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa:
Terlihat keseriusan sekolah terhadap pelaksanaan shalat berjamaah, dengan cara
mewajibkan seluruh warga sekolah untuk shalat zuhur secara berjamaah. Yang
didukung dengan berbagai program yang telah terstruktur untuk menumbuhkan
kesadaran dan semangat peserta didik dalam mengamalkan nilai-nilaiIslam, dan
ini sejalan dengan visi sekolah yang pertama yaitu: meningkatkan pengamalan
nilai-nilai Islami. Upaya guru pendidikan agama Islam dalam menerapkan
pembiasaan shalat Zuhur berjama’ah di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)
Negeri 5 Sarolangun yaitu: dengan memberikan nasehat atau wejangan kepada
siswa untuk mengikuti keteladanan Rasulullah, Membuat absensi shalat
berjamaah, melakukan sosialisasi program shalat berjamaah kepada orangtua/wali
murid, dan yang terakhir melaksanakan shalat zuhur berjamaah, Pengaruh didikan
dari orang tua di rumah, dan Kendala dalam melaksanakan sholat zuhur
berjamaah yaitu: keteladan dari guru, Kurangnya kesadaran dari dalam diri peserta
didik, Kurang sarana prasarana dalam pelaksanaan shalat berjamaah sehingga
membuat siswa tidak bias melaksanakan sholat berjamaah dalam satu waktu.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Perpustakaan UIN STS Jambi |
Date Deposited: | 08 May 2025 08:25 |
Last Modified: | 08 May 2025 08:25 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/360 |