GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI MADRASAH ALIYAH PONDOK PESANTREN RIYADHUL MUTTAQIN AS’ADIYAH DESA SUNGAI TAWAR KECAMATAN MENDAHARA KABUPATEN TANJUNG JABUNG TIMUR

Jailani (2017) GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI MADRASAH ALIYAH PONDOK PESANTREN RIYADHUL MUTTAQIN AS’ADIYAH DESA SUNGAI TAWAR KECAMATAN MENDAHARA KABUPATEN TANJUNG JABUNG TIMUR. Masters thesis, UIN STS JAMBI.

Full text not available from this repository.

Abstract

JAILANI, Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam
Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru di Madrasah Aliyah
Pondok Pesantren Riyadhul Muttaqin As’adiyah Desa Sungai Tawar
Kecamatan Mendahara Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Tesis
Manajemen Pendidikan Islam, Pascasarjana UIN Sulthan Thaha Saifuddin
Jambi. 2017.
Penelitian ini berlokasi di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren
Riyadhul Muttaqin As’adiyah Desa Sungai Tawar Kecamatan Mendahara
Kabupaten Tanjung Jabung Timur, yang dilatarbelakangi oleh belum
optimalnya gaya kepemipinan kepala madrasah dalam meningkatkan
Kompetensi Profesional Guru. Adapun yang menjadi keinginan dalam
penelitian ini adalah: 1) Ingin Mengetahui Bagaimana Gaya
Kepemimpinan Kepala Madrasah, 2) Ingin Mengetahui Bagaimana
Kompetensi Profesional Guru, 3) Ingin Mengetahui Bagaimana Gaya
Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kompetensi
Profesional Guru.
Pendekatan dalam Penelitian ini menggunakan pendekatan
penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu: Observasi,
Wawancara, Dokumentasi, teknik analisis data menggunakan
pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi/penarikan
kesimpulan, sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan
perpanjangan keikutsertaan, ketelitian pengamatan, triangulasi.
Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa: 1) Gaya Kepemimpinan
Kepala Madrasah terhadap bawahan terutama kepada gurunya
manyoritas menggunakan gaya demokrasi namun ada pada waktu-waktu
tertentu menggunakan gaya otoriter, dapat dilihat dalam dua hal yang
pertama dalam setiap musyawarah kepala madrasah selalu
mengedepankan musyawarah, dan kedua kapala madrasah akan
memberikan tindakan kepada yang tidak disiplin dalam menjalankan tugas
sesuai dengan peraturan madrasah, 2) Kompetensi Profesional Guru
sudah terlihat ada peningkatan. Kepala Madrasah banyak melibatkan para
guru dalam pembuatan program madrasah baik jangka pendek maupun
jangka panjang dan pemecahan masalah, memberi peluang dan selalu
mendorong para guru untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi,
mengikuti berbagai kegiatan, pelatihan, dan pendidikan untuk memperoleh
pengetahuan dan keterampilan, memberikan pengakuan dan
penghargaan kepada guru yang berprestasi, 3) Gaya kepemimpinan
kepala madrasah dalam meningkatkan Kompetensi Profesional Guru telah
memberikan hasil memuaskan, hasilnya dapat dilihat dari arahan yang
telah diberikan oleh kepala madrasah, sehingga bertambahnya guru
sertifikasi yang sesuai dengan kualifikasi akademik.

Kata Kunci : Gaya Kepemimpinan, Kompetensi Profesionalisme.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Munsia Andriani
Date Deposited: 08 May 2025 08:17
Last Modified: 08 May 2025 08:18
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/357

Actions (login required)

View Item
View Item