Dita Lestari, Putri (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 11 MURO JAMBI. Other thesis, UIN STS Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar fisika dengan
menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share pada siswa kelas
XI Sekolah Menengah Atas Negeri 11 Muaro Jambi pada materi Fluida Statis.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, instrumen pengumpulan data
yang digunakan adalah observasi, tes, dan wawancara. Penelitian ini terdiri dari
dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan termasuk tes
yang yang dilakukan setiap siklusnya yang terdiri dari tahap perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan, dan reflekksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
penerapan model pembelajaran think pair share dapat meningkatkan hasil belajar
fisika kelas XI SMAN 11 Muaro Jambi. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes yang
dilakukan setiap siklusnya pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh siswa
sebesar 67,53 dengan presentase ketuntasan siswa sebesar 73% dan pada siklus II
nilai rata-rata yang diperoleh siswa sebesar 76,1 dengan presentase ketuntasan
siswa sebesar 93% penelitian menyarankan guru dapat menerapkan model
pembelajaran kooperatif tipe think pair share dalam kegiatan pembelajaran
sehingga hasil belajar siswa lebih optimal.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Fisika |
Depositing User: | Perpustakaan UIN STS Jambi |
Date Deposited: | 08 May 2025 07:35 |
Last Modified: | 08 May 2025 07:46 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/346 |