Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

MANAJEMEN PEMASARAN KEPALA SEKOLAH DALAM UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH PEESERTA DIDIK DI MADRASAH ALIYAH NURUL IMAN SINGKUT

Aulia, Meri (2023) MANAJEMEN PEMASARAN KEPALA SEKOLAH DALAM UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH PEESERTA DIDIK DI MADRASAH ALIYAH NURUL IMAN SINGKUT. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Sifuddin Jambi.

Full text not available from this repository.

Abstract

Manajemen pemasaran kepala sekolah dalam upaya meningkatkan jumlah peserta didik di Madrasah Aliyah Nurul Iman merupakan penelitianyang bertujuan untuk menganalisis bagaimana kepala sekolah melakukan manajemen pemasaran dalam meningkatkan jumlah peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang dilakukan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya manajemen pemasaran yang dilakukan oleh kepala madrasah yaitu: Pertama, melakukan analisis pasar dengan melihat peluang yang ada, memahami tentang persaingan dengan lembaga pendidikan. Kedua, pembentukan tim atau panitia yang akan bertugas dalam menjalankan strategi pemasaran sekaligus persiapan penerimaan peserta didik serta melibatkan OSIS. Ketiga, Upaya tahap pelaksanaan yaitu melakukan strategi pemasaran bersamaan dengan kegiatan penerimaan peserta didik yaitu: 1). melakukan promosi menggunakan periklanan media cetak, seperti pemasangan banner atau spanduk, pembagian brosur. 2). Mengoptimalkan hubungan dengan berbagai pihak seperti lembaga pendidikan maupun institusi lainnya. 3). Promosi dari mulut ke mulut, seperti melaksanakan kegiatan sosialisasi. Keempat, tahap pengawasan ini yaitu melakukan rapat evaluasi mingguan dengan seluruh tim atau kepanitiaan dengan tujuan agar seluruhnya terkoordinir dengan baik. Selain itu kepala madrasah juga memberikan arahan kepada ketua panitia untuk tetap melaksanakan pengawasan terhadap anggota, dan kepada guru memberikan arahan dan pengawasan terhadap peserta didik yang membantu dalam proses pemasaran."

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Nadia Rezky
Date Deposited: 24 Nov 2025 01:17
Last Modified: 24 Nov 2025 01:17
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/3447

Actions (login required)

View Item
View Item