Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

PENERAPAN METODE BUZZ GROUP DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SDN 103/X SIDOMUKTI

WATUR ROHIMAH, ISMA (2023) PENERAPAN METODE BUZZ GROUP DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SDN 103/X SIDOMUKTI. Other thesis, UIN STS JAMBI.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran matematika merupakan pelajaran yang menakutkan bagi siswa karena terkesan menyeramkan berhadapan dengan rumus-rumusnya. Ketika siswa merasa takut untuk belajar maka pelajaran yang disampaikan oleh guru tidak akan mudah diterimanya sehingga menyebabkan hasil belajar yang menurun. Oleh sebab itu perlu adanya metode pembelajaran yang mengajak peserta didik untuk ikut serta dalam proses pembelajaran sehingga siswa tidak merasa bosan dan jenuh. Metode yang cocok untuk diterapkan yaitu metode buzz group karena metode ini mengajak siswa iikut langsung dalam proses pembelajaran.Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran buzz group pada pembelajaran matematika kelas V SDN 103/X Sidomukti dengan jumlah siswa 25 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklusmelalui empat tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi.Teknik pengumpulan data menggunakan soal pilihan ganda, observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penerapan metode pembelajaran buzz group dikategorikan sangat baik. Hal ini dilihat dari hasil belajar siswa setelah proses pembelajaran dari setiap siklusnya mengalami peningkatan. Berdasarkan data yang diperoleh pada saat prasiklus nilai rata-rata siswa 61,6 dengan jumlah 9 siswa yang tuntas dalam belajar. Sedangkan skor hasil belajar yang diperoleh siswa pada siklus I nilai rata-rata 70 dengan 15 orang siswa yang tuntas belajar, siklus II nilai rata-rata 82 dan 23 siswa yang tuntas belajar. Hasil observasi aktivitas belajar siswa pada siklus I memperoleh rata-rata 63%, sedangkan pada siklus II rata-rata 88%. Kemudian hasil observasi aktivitas mengajar guru pada siklus I rata-rata 70% dan siklus II memperoleh rata-rata 90%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode buzz group dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Perpustakaan UIN STS Jambi
Date Deposited: 08 May 2025 07:15
Last Modified: 08 May 2025 07:15
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/327

Actions (login required)

View Item
View Item