Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

METODE MENGHAPAL AL-QUR'AN DI PONDOK PESANTREN AL-MUBARAK AL-ISLAMI LITAHFIZIL QUR’AN AL-KARIM TAHTUL YAMAN KECAMATAN PELAYANGAN KOTA JAMBI

Lutfi, Muhammad (2022) METODE MENGHAPAL AL-QUR'AN DI PONDOK PESANTREN AL-MUBARAK AL-ISLAMI LITAHFIZIL QUR’AN AL-KARIM TAHTUL YAMAN KECAMATAN PELAYANGAN KOTA JAMBI. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Full text not available from this repository.

Abstract

"ABSTRAK
Nama : Muhammad Lutfi
Nim : 201180265
Jurusan : Pendidikan Agama Islam
Judul : Metode Menghapal Al-Qur‟an di pondok Pesantren Al-Mubarak Al-Islami Litahfizil Qur‟an Al-Karim Tahtul Yaman Kecamatan Pelayangan Kota Jambi
Tujuan penelitian, dalam suatu penelitian umumnya mempunyai tujuan tertentu yaitu mengembangkan ilmu pengetahuan dan tujuan penelitian ini :
• Mengetahui Metode apa saja yang digunakan Dalam Menghapal Al-Qur‟an di pondok Pesantren Al-Mubarak seberang Kota Jambi.
• Mengetahui Kesulitan apa saja yang dihadapi santri dalam Menghapal Al-Qur‟an di pondok Pesantren Al- Mubarak Seberang Kota Jambi.
• Mengetahui Strategi apa saja yang digunakan dalam Mengatasi Kesulitan yang di hadapi santri Dalam Menghapal Al-Qur‟an di pondok Pesantren Al-Mubarak Seberang Kota Jambi .
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research). Sumber data dari penelitian ini terdiri dari data primer yaitu : empat orang Guru, data skunder yaitu : santri. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi data yang telah dikumpulkan kemudian diolah dengan cara analisis domain, analisis taksonomi dan analisis komponensial.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan Metode pembelajaran membaca dan menghafal Al-Qur‟an di Pondok Pesantren Al-Mubarok Seberang Kota Jambi, yaitu ada dengan cara dibimbing dan diajari sendiri, kemudian dari dalam diri guru itu sendiri dengan cara memberikan ketauladanan (memberikan contoh) guru dalam membina santri, pembinaan dengan metode nasehat, kemudian diajarkan melalui pembiasaan dan latihan, kemudian diberikan motivasi dan hukuman.
Adapun yang menjadi kendala diantaranya adalah : Kurangnya minat dan semangat belajar santri, kurangnya pembiasaan pada santri untuk membaca dan menghafal Al-Qur‟an dengan benar, santri yang malas, lemahnya daya serap (IQ) sebagian santri. Usaha orang tua dalam mengatasi kendala-kendala diatas diantaranya :
1) Meningkatkan kegiatan latihan,
2) Menyediakan sumber belajar yang variatif,
3) Mengadakan perlombaan kecil,
4) Memberikan pujian dan membantu mengatasi kesulitan belajar
5) Menginformasikan hasil belajar santri."

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nadia Rezky
Date Deposited: 06 Oct 2025 08:11
Last Modified: 06 Oct 2025 08:11
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/3259

Actions (login required)

View Item
View Item