Maryati, Lia (2022) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN (PAKEM) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 8 KABUPATEN TEBO JAMBI. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
Penulisan ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian ini membahas tentang Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 8 Kabupaten Tebo Provinsi Jambi Tahun Ajaran 2021/2022. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan starategi pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAKEM) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Sekolah Menengah Pertama Negeri 8 Kabupaten Tebo di kelas VIII, mendeskripsikan problematika dan solusi penerapan strategi pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAKEM) dan mengetahui bagaimana respon peserta didik dari penerapan strategi pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAKEM). Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 8 Kabupaten Tebo dengan teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan jenis penelitian ini adalah studi kasus. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Penerapan strategi Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dikelas VIII oleh guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti yaitu Bapak Faisal S,Pd.I sudah dilakukan dengan baik dan sesuai dengan prosedur pelaksanaan. 2) Adanya beberapa problematika saat penerapan strategi Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) yaitu ketersediaan sarana dan prasarana pembelajaran yang kurang memadai dan motivasi peserta didik yang kadang menurun serta solusi mengatasinya yaitu kerja sama antara kepala sekolah dengan guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk meningkatkan sarana dan prasarana dalam pembelajaran dan serta memberikan motivasi yang tinggi kepada peserta didik dalam proses pembelajaran dikelas. 3) Respon peserta didik dari penerapan strategi Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) berdampak positif, hal ini terlihat dari semangat dan antusias mereka dalam mengikuti pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti"
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nadia Rezky |
Date Deposited: | 06 Oct 2025 07:25 |
Last Modified: | 06 Oct 2025 07:25 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/3258 |