Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNIG (CTL) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH SABILUL MUTTAQIN KABUPATEN TANJUNG JABUNG BARAT

KHASBIANTI, RIA (2022) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNIG (CTL) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH SABILUL MUTTAQIN KABUPATEN TANJUNG JABUNG BARAT. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Pengaruh Model Pembelajaran Cotextual Teaching Learning (CTL) Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Sabilul Muttaqin, penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain Postest- Only Control Design. Sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan teknis tes dan observasi, penelitian menemukan bahwa model pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) berpengaruh secara signifikan Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Sabilul Muttaqin dari perhitungan didapat skor rata-rata pemahaman konsep matematis siswa yang menerapkan model Contextual Teaching Learning pada materi pecahan diperoleh 81,25 dengan deviasinya 10,76 dan rata-rata nilai observasi sebesar 74,83 dengan deviasinya 8,81 kemudian data tersebut dilakukan uji “t” didapat thitung = 4,23 dan thitung =3,93 untuk nilai observasi dan setelah membandingkan antara thitung dan ttabel ternyata thitung > ttabel pada taraf signifikan 5% maupun pada taraf signifikan 1% diperoleh 2,07 < 4,23 > 2,82 untuk nilai tes 2,07 < 3,93< 2,82 untuk nilai observasi maka thitung > ttabel maka Ho ditolak, kemudian dilakukan uji kolerasi phi pada taraf signifikan 5% dan 1% diperoleh 0,404 < 0,59 > 0,515 uji nilai tes dan dan 0,404 < 0,67 > 0,515 untuk nilai observasi karena φ > ttabel maka Ho ditolak, dengan demikian Model Contextual Teaching Learning ( CTL) mempunyai pengaruh yang tinggi terhadap peahaman konsep matematis siswa kelas VII Tsanawiyah Sabilul Muttaqin.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Nadia Rezky
Date Deposited: 06 Oct 2025 04:21
Last Modified: 06 Oct 2025 04:21
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/3251

Actions (login required)

View Item
View Item