Firmansyah, Firmansyah (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA SISWA SMA NEGERI 11 MUARO JAMBI. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
"Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada pengaruh model pembelajaran (PBL) Problem Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah Fisika Siswa SMA Negeri 11 Muaro Jambi. Dalam penelitian ini, terdapat sampel penelitian sebanyak 45 siswa dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Adapun penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif denganmenggunakan pendekatan quasi eksperimental design dan menggunakan desain the posttest only control group desain. Peneliti menemukan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah Fisika siswa dalam ranah kognitif. Selain itu, dapat dibuktikan pada analisis uji hipotesis dengan menggunakan uji test “t” diperoleh thitung sebesar 4,25 dan ttabel pada signifikan 5% sebesar 2,02, maka thitung > ttabel. Demikian ada perbedaan hasil analisis tes antara kemampuan pemecahan masalah Fisika siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan metode konvensional. Hasil klasifikasi menggunakan Effect Size yaitu diperoleh nilai ds sebesar 1,19. Hasil ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dapat mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah Fisika siswa pada mata pelajaran Fisika di Sekolah Menengah Atas Negeri 11 Muaro Jambi sebanyak 88 %."
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Fisika |
Depositing User: | Nadia Rezky |
Date Deposited: | 06 Oct 2025 04:07 |
Last Modified: | 06 Oct 2025 04:07 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/3249 |