Hafivah, Isti (2022) DAMPAK PENGGUNAAN SMARTPHONE TERHADAP PEMBELAJARAN ANALISIS STRATEGI PEMASARAN SOUVERNIR DAN KERAJINAN TANGAN DARI LIDI SAWIT AGUS ARUM ART. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
"Penelitian ini dilatarbelakangi adanya permasalahan yang dialami oleh Agus Arum Art berupa: Implementasi strategi pemasaran yang digunakan belum maksimal yang mengakibatkan target penjualan tidak sesuai, dikarenakan tingkat penjualan mengalami penurunan, maka perlu adanya identifikasi pada faktor lingkungan internal dan ekternal pada usaha tersebut dan upaya pelaku usaha untuk meningkatkan strategi pemasaran.Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah dengan pendekatan kualitatif.Hasil penelitian ini adalah: (1) Strategi pemasaran yang dilakukan oleh usaha kerajinan tangan lidi sawit Agus Arum Art dengan tiga langkah yaitu, pertama segmentasi pasar, kedua target pasar, ketiga strategi positioning. (2) Kemudian faktor yang mentukan strategipemasaran souvenir dan kerajinan tangan dari lidi sawit Agus Arum Art terangkum dalam Marketing Mix dalam perspektif Islam yang meliputi 5P yaitu (Product, Price, Place, Promotion dan People).(3) Membandingkan model strategi pemasaran antara usaha kerajinan lidi sawit Agus Arum Art dengan usaha kerajinan lain yang sejenis sebagaimana dijelaskan di atas maka terlihat bahwa Agus Arum Art perlu menerapkan model pemasaran model promosi dan media promosi yang lebih variatif dalam hal digital marketing, seperti yang telah dilakukan oleh usaha kerajinan bambu di Desa Tigawasa, dengan pemasaran digital marketing melalui Content Marketing, Instan Messaging Marketing, dan yang terakhir Social Media Marketing. Hal tersebut akan lebih mengoptimalkan daya jangkau dari promosi produk dari Agus Arum Art dan lebih dikenal dalam skala nasional. Dalam tinjauan ekonomi syariah, kegiatan usaha yang dilakukan oleh Agus Arum Art telah sesuai dengan ajaran Islam, karena bahan baku dan hasil produk berupa piring lidi kecil/besar, keranjang buah/parsel, keranjang baju, keranjang baju, kaca hias, tudung saji, tas dan kursi telah terjamin kehalalannya dan di jual dengan harga standar tanpa merugikan pembeli maupun penjualnya.
"
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HC Economic History and Conditions |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Nadia Rezky |
Date Deposited: | 06 Oct 2025 02:50 |
Last Modified: | 06 Oct 2025 02:50 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/3245 |