Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DAMPAK PENGGUNAAN SMARTPHONE TERHADAP PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 25 TANJUNG JABUNG TIMUR

Farhana, Salsabila (2022) DAMPAK PENGGUNAAN SMARTPHONE TERHADAP PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 25 TANJUNG JABUNG TIMUR. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Full text not available from this repository.

Abstract

"Penelitian ini bertujuan untukmengetahui dampak penggunaan smartphone terhadap pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 25 Tanjung Jabung Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian Siswa kelas VIII dan Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Sedangkan pengumpulan data digunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi yang kemudian dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penggunaan smartphone adalah sebagai alat untuk berkomunikasi, sebagai hiburan, dan dapat membantu proses pembelajaran.; 2) Smartphone bisa berdampak positif dan
negatif. Dampak positifnya yaitu karena bisa menggunakannya dengan baik seperti komunikasi, mencari tugas, dan mengikuti perkembangan zaman tentunya yang bermanfaat.; 3) Upaya yang dilakukan oleh guru dalam mengatasi dampak penggunaan smartphone ialah menegur siswa secara langsung, membagi waktu dengan kegiatan lain, dan memberi pengarahan (nasehat).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nadia Rezky
Date Deposited: 06 Oct 2025 02:44
Last Modified: 06 Oct 2025 02:44
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/3244

Actions (login required)

View Item
View Item