Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR`AN PESERTA DIDIK MELALUI METODE BIL QOLAM PADA MATA PELAJARAN AL-QUR'AN HADIST DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 TANJUNG JABUNG TIMUR

Zahra, Anisah (2025) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR`AN PESERTA DIDIK MELALUI METODE BIL QOLAM PADA MATA PELAJARAN AL-QUR'AN HADIST DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 TANJUNG JABUNG TIMUR. Other thesis, UIN STS JAMBI.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Nama : Anisah Zahra
Jurusan : Pendidikan Agama Islam
Judul : Peningkatan Kemampuan Membaca Peserta didik melalui metode
Bil Qolam pada mata pelajaran Al-Qur`an Hadits Di Madrasah
Tsanawiyah Negeri 1 Tanjung Jabung Timur

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-
Qur’an peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Tanjung Jabung Timur

melalui penerapan metode Bil Qolam dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadits. Latar
belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya kemampuan siswa dalam
mengenal dan melafalkan huruf hijaiyah serta memahami hukum-hukum tajwid,
khususnya makhārijul huruf dan sifat-sifat huruf, yang berdampak pada bacaan
yang belum sesuai kaidah dan nilai yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan
Minimal (KKM) sebesar 78. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing melalui
tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui
observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi terhadap 26 siswa kelas VII A. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa pada pra-siklus hanya 30,76% siswa yang tuntas,
meningkat menjadi 53,84% pada Siklus I, dan mencapai 80,76% pada Siklus II.
Peningkatan ini menunjukkan bahwa metode Bil Qolam efektif dalam
meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an, baik dari segi ketepatan tajwid,
kelancaran membaca, maupun keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Oleh
karena itu, metode ini dapat menjadi alternatif yang tepat bagi guru dalam
mengembangkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa, dengan dukungan sarana
dan program yang memadai dari sekolah serta partisipasi aktif dari siswa.
Kata kunci: kemampuan membaca Al-Qur`an, metode Bil Qolam, tajwid, penelitian

tindakan kelas.

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Munsia Andriani
Date Deposited: 25 Aug 2025 04:03
Last Modified: 25 Aug 2025 04:03
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/3227

Actions (login required)

View Item
View Item