Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 94/I PENINJAUAN KECAMATAN MARO SEBO ULU KABUPATEN BATANG HARI

Misnah, Mardiatul (2025) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 94/I PENINJAUAN KECAMATAN MARO SEBO ULU KABUPATEN BATANG HARI. Other thesis, UIN STS JAMBI.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Nama : Mardiatul misnah
NIM : 201210114
Program Studi : Pendidikan Agama Islam
Judul : Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi
Pekerti dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar
Siswa di Sekolah Dasar Negeri 94/I Peninjauan
Kecamatan Maro Sebo Ulu Kabupaten Batang
Hari

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bagaimana bentuk kedisiplinan
siswa di Sekolah Dasar Negeri 94/I Peninjauan (2) mengetahui upaya guru
Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di Sekolah Dasar
Negeri 94/I Peninjauan (3) mengetahui bagaimana kendala guru Pendidikan agama
islam dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di Sekolah Dasar Negeri 94/I
Peninjauan. Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya kesadaran siswa dalam
disiplin belajar, siswa-siswi sering telat kesekolah, telat masuk kelas, ada yang tidak
mengerjakan PR, ada yang bercanda dengan teman sebangku, siswa tidak
memperhatikan jam pelajaran, pakaianya kurang rapih, duduk kurang rapih dapat
mengganggu kedisiplinan dalam belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kualitatif dengan jenis penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif. Pengumpulan
data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan kedisiplinan siswa sudah diterapkan dengan sebaik
mungkin, kepala sekolah membuat aturan, peraturan dan tata tertib yang berlaku,
agar siswa disiplian pada aturan, apabila ada yang melanggar aturan tersebut akan
dikenakan sanksi berupa hukuman yang bersifat mendidik, dalam proses belajar
mengajar guru PAI menetapkan sebuah aturan agar siswa disiplin dalam belajar,
serta terdapat kendala pertama dari siswa, kendala kedua dari kurikulum, dan kendala
ketiga dari orang tua murid, terkadang orang tua kurang terlibat dalam pendidikan
anak atau tidak memberikan dukungan moral maupun material.
Kata Kunci : Upaya, Guru PAI, Disiplin belajar

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Munsia Andriani
Date Deposited: 25 Aug 2025 03:52
Last Modified: 25 Aug 2025 03:52
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/3221

Actions (login required)

View Item
View Item