Aldi Putra, Ananda (2025) PENERAPAN METODE DRILL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 11 KOTA JAMBI. Other thesis, UIN STS JAMBI.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Nama : Ananda Aldi Putra
Nim : 201210182
Jurusan : Pendidikan Agama Islam
Judul Skripsi : Penerapan Metode Drill Dalam Meningkatkan Kemampuan
Membaca Al-Qur’an Siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 11
Kota Jambi
Penelitian ini menggunakan metode Drill dalam meningkatkan membaca Al-
Qur’an siswa kelas XI F1 di SMAN 11 Kota Jambi di bahas dalam skripsi ini.
Penelitian ini tergolong penelitian Tindakan kelas (PTK) ini menggunakan metode
Drill dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an.Metode pengumpulan
data yang meliputi observasi ,tes lisan ,dan dokumentasi. Penelitian tindakan kelas
ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, dengan dua kali pertemuan pada setiap
siklusnya. Teknik analisis data yang digunakan mencakup observasi aktivitas guru,
observasi aktivitas siswa,tes membaca Al-Qur’an. Siklus I pertemuan pertama dan
kedua, adapun hasil penelitian siswa membaca Al-Qur’an dengan jumlah siswa 33
yang tuntas mencapai KKTP sebanyak 17 siswa dan yang belum tuntas mencapai
16 siswa dengan persentase klasikal ketuntasan mencapai 51,61%,sedangkan pada
siklus II pertemuan pertama dan kedua, adapun hasil siswa membaca Al-Qur’an
yang tuntas mencapai KKTP ialah sebanyak 29 dan yang belum tuntas sebanyak 4
siswa dengan persentase ketuntasan klasikal mencapai 87,87%, dengan demikian
dapat disimpulkan bahwa penerapan metode drill ini dapat meningkatkan
kemampuan membaca Al-Qur’an siswa.
Kata Kunci :,Kemampuan Membaca Al-Qur’an dan Metode Drill
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Munsia Andriani |
Date Deposited: | 25 Aug 2025 03:16 |
Last Modified: | 25 Aug 2025 03:16 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/3210 |