Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

STRATEGI GURU IMLA’ DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR MENULIS ARAB PADA SISWA DI MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH AWALIYAH NURUL ULUM DESA GEMURUH KECAMATAN TUNGKAL ULU KABUPATEN TANJUNG JABUNG BARAT

Anshori, Zakaria (2025) STRATEGI GURU IMLA’ DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR MENULIS ARAB PADA SISWA DI MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH AWALIYAH NURUL ULUM DESA GEMURUH KECAMATAN TUNGKAL ULU KABUPATEN TANJUNG JABUNG BARAT. Other thesis, UIN STS JAMBI.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Nama : Zakaria Anshori
Jurusan : Pendidikan Agama Islam
Judul : Strategi Guru Imla’ Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Menulis
Arab Pada Siswa Di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah
Nurul Ulum Desa Gemuruh Kecamatan Tungkal Ulu Kabupaten
Tanjung Jabung Barat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab kesulitan
belajar Menulis Arab dan strategi yang digunakan guru Imla‘ dalam mengatasi
kesulitan tersebut pada siswa Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA)
Nurul Ulum Desa Gemuruh, Kecamatan Tungkal Ulu, Kabupaten Tanjung Jabung
Barat. Latar belakang penelitian ini berangkat dari fenomena rendahnya
kemampuan siswa dalam menulis huruf Arab yang benar, terutama saat proses
mendikte (Imla‘), seperti kesulitan menyambung huruf, menulis sesuai kaidah
hijaiyah, serta lemahnya motivasi dan perhatian dari lingkungan. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik
pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan
dokumentasi. Subjek penelitian meliputi guru Imla‘, kepala madrasah, dan siswa
kelas Vl MDTA Nurul Ulum. Analisis data dilakukan dengan model interaktif
Miles dan Huberman, yang mencakup reduksi data, penyajian data, serta
penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan belajar
Menulis Arab disebabkan oleh faktor linguistik (seperti ketidaktahuan tentang
fonologi dan bentuk huruf Arab) dan non-linguistik (seperti kurangnya motivasi
siswa, media pembelajaran yang terbatas, serta minimnya peran orang tua).

Strategi yang diterapkan guru Imla‘ antara lain penggunaan metode Imla‘ al-
Manqul, pemberian latihan rutin menulis, penggunaan pendekatan kontekstual,

serta pemanfaatan media sederhana yang relevan dengan lingkungan siswa.
Strategi ini terbukti membantu meningkatkan kemampuan menulis huruf Arab
siswa secara bertahap.
Kata Kunci: Strategi Guru Imla’, Kesulitan Belajar Menulis Arab,
Madrasah Diniyah

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Munsia Andriani
Date Deposited: 25 Aug 2025 03:14
Last Modified: 25 Aug 2025 03:14
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/3209

Actions (login required)

View Item
View Item